Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Migrasi Sirkuler Tenaga Kerja dari Desa ke Kota. (Studi Kasus : Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, 2012)

Purwanto, Heru (2012) Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Migrasi Sirkuler Tenaga Kerja dari Desa ke Kota. (Studi Kasus : Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, 2012). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penduduk untuk melakukan migrasi sirkuler dari desa ke kota, (2) menganalisis pengaruh faktor upah, umur, pendidikan, kepemilikan lahan dan status perkawinan terhadap keputusan penduduk Kecamatan Tanjunganom untuk melakukan migrasi sirkuler ke kota, (3) Mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi keputusan penduduk untuk melakukan migrasi sirkuler dari desa ke kota. Alat analisis yang digunakan binary regresi logistic dengan sampel sebanyak 100 orang responden. Data diperoleh dengan wawancara secara langsung kepada responden. Hasil analisis menunjukan bahwa faktor upah, umur, pendidikan, kepemilikan lahan dan status perkawinan berpengaruh signifikan terhadap keputusan migrasi pada taraf signifikansi 0,05 (α : 5%). Faktor upah, umur, status perkawinan berkorelasi negatif terhadap keputusan migrasi, sedangkan faktor pendidikan dan kepemilkan lahan berkorelasi positif tehadap keputusan migrasi. Faktor kepemilikan lahan merupakan faktor dominan. Menurunnya produktifitas lahan pertanian mendorong meningkatnya migrasi sirkuler ke kota.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/463/051203891
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Oct 2012 09:03
Last Modified: 20 Oct 2021 04:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106286
[thumbnail of ANALISIS_FAKTOR-FAKTOR_YANG_MEMPENGARUHI_MIGRASI_SIRKULER_TENAGA_KERJA_DARI_DESA_KE_KOTA.pdf]
Preview
Text
ANALISIS_FAKTOR-FAKTOR_YANG_MEMPENGARUHI_MIGRASI_SIRKULER_TENAGA_KERJA_DARI_DESA_KE_KOTA.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item