Anggraeni, KrisnaDwi (2012) Analisis Strategi Pengembangan Jasa Pada Arjuna Print Pakisaji Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan jasa yang dilakukan oleh pengelola jasa Arjuna Print, faktor internal-eksternal yang mempengaruhi pengembangan jasa Arjuna Print, faktor-faktor yang menghambat dan mendukung pengembangan Arjuna Print serta alternatif strategi yang dapat dijalankan Arjuna Print. Lokasi penelitian adalah Arjuna Print yaitu di kantor pemasaran dan produksi Jln. Raya Pakisaji No. 154 Malang. Obyek penelitian ini adalah strategi pengembangan jasa Arjuna Print. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan rancangan studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis datanya melalui tiga jalur, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Datanya diolah dan dianalisis dengan metode analisis yang digunakan adalah EFE matrix dan IFE matrix, IE matrix, SWOT matrix, BCG matrix, SPACE matrix, dan QSPM. Hasil pembahasan untuk metode EFE dan IFE matrix masing-masing menunjukan hasil 2,810 dan 3,050 jika digambarkan dan di kombinasikan kedalam matriks IE yaitu berada pada posisi yang digambarkan sebagai tumbuh dan kembangkan karena berada pada kuadran II, berdasarkan BGC marix Arjuna Pada divisi printing dan divisi CMT Arjuna Print berada pada kuadran II berada pada posisi Stars (bintang), sedangkan pada divisi ADLo berada pada kuadran IV berada pada posisi Dog (anjing), berdasarkan SPACE matrix Arjuna Print tergolong dalam kriteria kuadran strategi agresif, sehingga startegi yang dapat dijalankan oleh Arjuna Print yaitu market development, market penetration, product development. Hasil analisa QSPM menunjukkan menghasilkan alternatif strategi penetrasi pasar (market penetration). Kesimpulan secara umum dari penelitian ini adalah: Strategi penetrasi pasar dengan skor bobot tertinggi pada QSPM dilakukan dengan peningkatan pangsa pasar melalui strategi pemasaran yang lebih baik. Strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh Arjuna Print adalah dengan menambah sumberdaya pemasaran, menambah biaya promosi jasa, melayani kebutuhan jasa dalam jumlah minim, memberikan pelayanan pra order dilakukan untuk menjaga loyalitas pelanggan Arjuna Print, serta menawarkan promo menarik pada periode tertentu.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2012/462/051203890 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 12 Oct 2012 09:31 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 04:56 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106285 |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV.pdf Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |