Penerapan Strategi Generik Porter Pada Agrifresh, Anak Perusahaan Cv. Agri Gumilang – Malang

Darmawan, RizqoSantri (2012) Penerapan Strategi Generik Porter Pada Agrifresh, Anak Perusahaan Cv. Agri Gumilang – Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berkembangnya pasar-pasar modern memberikan peluang terhadap lahirnya raksasa-raksasa bisnis ritel seperti Carrefour, Hypermart, Makro, Hero dan lain sebagainya. Jaringan ritel ini mendapat pasokan barang dari Usaha-Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang terbukti merupakan industri yang paling kuat bertahan dari krisis. Salah satunya adalah Agrifresh, anak perusahaan CV. Agri Gumilang-Malang yang bertindak sebagai pemasok fresh goods untuk pasar ritel Cerrefour dan Hypermart. Seperti dalam bisnis apapun, tentunya Agrifresh menghadapi persaingan dengan perusahaan-perusahaan lain yang serupa dalam satu lingkup industri tersebut. Oleh karenanya diperlukan strategi bersaing yang komprehensif dan mampu bertahan (sustainable) di dunia bisnis yang dinamis ini. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi yang dijalankan oleh Agrifresh, anak perusahaan CV. Agri Gumilang – Malang, khususnya mengidentifikasi taktik-taktik yang dijalankan sebagai bentuk implementasi Strategi Generik Porter. Taktik-taktik tersebut kemudian diklasifikasikan berdasarkan Taktik-Taktik Yang Dapat Diasosiasikan Dengan Strategi Generik Porter (Akan et al., 2006) untuk mengetahui strategi generik yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Penelitian kualitatif bersifat deskriptif analitik, yaitu data yang diperoleh disusun dan dituangkan dalam bentuk naratif. Hasil analisis berupa pemaparan gambaran mengenai situasi yang diteliti dalam bentuk uraian naratif. Selain itu penelitian kualitatif juga bersifat induktif. Penelitian ini tidak dimulai dari deduksi teori, tetapi dimulai dari lapangan, yakni fakta empiris atau induktif. Fakta yang bisa dikemukakan sebagai hasil dari keseluruhan proses analisis strategi Agrifresh adalah strategi Cost Leadership. Bentuk dari implementasi strategi Cost Leadership adalah melalui penerapan taktik-taktik yang dapat diasosiasikan dengan strategi Cost Leadership, yaitu : 1) mengejar pengurangan biaya secara giat, 2) mengendalikan biaya overhead dengan ketat, dan 3) meminimalkan biaya distribusi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/451/051203879
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Oct 2012 09:49
Last Modified: 20 Oct 2021 04:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106274
[thumbnail of 5-BAB_III-METODE_PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
5-BAB_III-METODE_PENELITIAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6-BAB_IV-HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf]
Preview
Text
6-BAB_IV-HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 7-BAB_V-KESIMPULAN_DAN_SARAN.pdf]
Preview
Text
7-BAB_V-KESIMPULAN_DAN_SARAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3-BAB_I-PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
3-BAB_I-PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4-BAB_II-LANDASAN_TEORI.pdf]
Preview
Text
4-BAB_II-LANDASAN_TEORI.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item