Pengaruh Sensitivitas Etis, Budaya dan Tanggung Jawab Terhadap Etika Bisnis (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Brawijaya Malang dan Auditor Kantor Akuntan Publik Kota Malang)

Hidayat, Savitri (2012) Pengaruh Sensitivitas Etis, Budaya dan Tanggung Jawab Terhadap Etika Bisnis (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Brawijaya Malang dan Auditor Kantor Akuntan Publik Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Etika bisnis adalah etika manajemen atau etika organisasi yang secara fungsional memberikan acuhan bagi seseorang untuk bertindak. Tujuan penelitian ini untuk penguji pengaruh tingkat sensitivitas terhadap etika bisnis, serta menguji pengaruh tingkat budaya terhadap etika bisnis dan tingkat tanggung jawab terhadap etika bisnis. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi S1 dan mahasiswa akuntansi S2 Universitas Brawijaya Malang, serta auditor pada Kantor Akuntan Publik di Kota Malang. Analisis yang dilakukan dengan menggunakan asumsi klasik dengan bantuan program SPSS versi 15,00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ha1 (p < 0,05) menyatakan bahwa tingkat sensitivitas berpengaruh terhadap etika bisnis, Ha2 (p < 0,05) menyatakan bahwa tingkat budaya berpengaruh terhadap etika bisnis, Ha3 (p < 0,05) menyatakan bahwa tingkat tanggung jawab berpengaruh terhadap etika bisnis. Pada mahasiswa akuntansi S2 t hitung kurang dari t tabel dan p-value lebih dari alpha yang berati tanggung jawab tidak berpengaruh signifikan terhadap etika bisnis, namun dapat diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/442/051203870
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Oct 2012 10:43
Last Modified: 20 Oct 2021 04:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106266
[thumbnail of SAVITRI_H_0710233022.pdf]
Preview
Text
SAVITRI_H_0710233022.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item