Shari’ate Net Farm Income – Konsep Income Bidang Pertanian: Pendekatan Politik Ekonomi Akuntansi (Studi Kasus: PT BISI International)

Amir, Vaisal (2012) Shari’ate Net Farm Income – Konsep Income Bidang Pertanian: Pendekatan Politik Ekonomi Akuntansi (Studi Kasus: PT BISI International). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami konsep income yang ideal dan kebijakan bidang pertanian yang tidak bertentangan dengan syari’at Islam serta mendukung berjalannya konsep income tersebut. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kritis dimana salah satu alat analisis yang digunakan yaitu politik ekonomi akuntansi dalam perspektif syari’ah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep income yang saat ini telah ada belum dapat mengakomodasi kepentingan seluruh stakeholder, karena konsep income yang saat ini ada cenderung mengeksploitasi manusia lain dan juga lingkungan, serta konsep tersebut juga bertentangan dengan nilai-nilai keislaman. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa untuk mendukung keberhasilan konsep income yang ada diperlukan adanya kebijakankebijakan non akuntansi. Hal tersebut juga mempertegas pernyataan beberapa peneliti yang menyatakan bahwa akuntansi merupakan suatu ilmu yang tidak bebas nilai, dimana akuntansi dapat dipengaruhi dan mempengaruhi lingkungannya. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi para praktisi dan pembuat kebijakan dalam mendorong terbentuknya akuntansi pertanian yang sesuai dengan syari’at Islam yang berorientasi pada lingkungan agar keberlanjutan lingkungan (masyarakat dan alam) dapat terjaga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/438/051203866
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Oct 2012 15:06
Last Modified: 20 Oct 2021 04:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106261
[thumbnail of 051203866.pdf]
Preview
Text
051203866.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item