Analisis Daya Saing dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Aliran Perdagangan (Studi Kasus pada Produk Karet Alam dan Karet Sintetis Indonesia)

Pakpahan, TheresiaBulanRitaMauli (2012) Analisis Daya Saing dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Aliran Perdagangan (Studi Kasus pada Produk Karet Alam dan Karet Sintetis Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis daya saing komoditas turunan karet alam dan karet sintetis Indonesia dengan negara pesaingnya di pasar dunia menggunakan analisis RCA (Revealed Comparative advantage) serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi aliran perdangan karet alam dan karet sintetis Indonesia kenegara tujuan ekspor tahun 2001-2010. Hasil penelitian RCA menyimpulkan bahwa Indonesia dan pesaingnya Malaysia dan Thailand memiliki daya saing komparatif (RCA>1) pada produk turunan karet alam. Untuk produk turunan karet sintetis Indonesia tidak memiliki keunggulan komparatif (RCA<1) sedangkan negara pesaingnya Amerika Serikat dan Korea selatan memiliki keunggulan komparatif (RCA>1) hampir disebagian besar produk turunan karet sintetis. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia masih mengandalkan ekspor karet alam, sedangkan pada ekspor karet sintetis Indonesia belum mengalami peningkatan pasar ekspornya. Hasil analisis gravity model untuk aliran perdagangan karet alam dan karet sintetis dengan data panel menggunakan fixed effect menunjukkan bahwa populasi negara tujuan, indeks RCA, dan nilai tukar riil Rupiah terhadap mata uang asing memiliki pengaruh yang positif terhadap nilai ekspor karet alam dan karet sintetis Indonesia sedangkan variabel jarak relatif memiliki pengaruh negatif terhadap nilai ekspor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/399/051203071
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Oct 2012 11:47
Last Modified: 20 Oct 2021 03:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106218
[thumbnail of BAB_2.pdf]
Preview
Text
BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4.pdf]
Preview
Text
BAB_4.pdf

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5.pdf]
Preview
Text
BAB_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_3.pdf]
Preview
Text
BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1.pdf]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item