Analisis Pengukuran Kinerja Reksadana Saham Dengan Metode Jensen (Studi Kasus Pada Lima Reksadana Saham Periode Januari-Desember 2010)

Setyaningsih, EsterTantri (2012) Analisis Pengukuran Kinerja Reksadana Saham Dengan Metode Jensen (Studi Kasus Pada Lima Reksadana Saham Periode Januari-Desember 2010). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Reksadana adalah salah satu alternatif investasi yang secara teoritis memberikan berbagai keunggulan, yaitu murah, likuid, mudah, dikelola secara profesional, sehingga diharapkan mampu memberikan return optimal dengan risiko tertentu bagi investor. Berdasarkan latar belakang tersebut, permasalahannya adalah apakah return reksadana saham lebih baik daripada return pasar ( IHSG ) dan kinerja reksadana saham manakah yang terbaik dari semua reksadana saham yang diteliti. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang dipublikasikan oleh Bapepam ( http://www.bapepam.go.id/ ), Harian Kontan ( http://www.kontan.co.id/ ), http://www.finance.yahoo.com/ , dan Bank Indonesia (http://www.bi.go.id/ ). Sampel penelitian dipilih menggunakan purposive sampling, yaitu dengan kriteria bahwa sampel yang diambil merupakan reksadana yang masuk ke dalam peringkat 10 besar kinerja reksadana saham terbaik selama dua tahun berturut-turut pada tahun 2008 dan 2009. Berdasarkan kriteria tersebut jumlah sample yang diteliti adalah 5 reksadana saham. Pengujian hipotesis menggunakan metode Independent-Samples T Test dengan program SPSS versi 15.0 dan Metode Jensen dengan program Microsoft Excel untuk menentukan peringkat reksadana saham terbaik. Hasil penelitian untuk menjawab hipotesis yang telah diajukan pada penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara return reksadana saham dengan return pasar (IHSG) dan peringkat tertinggi reksadana saham berdasarkan metode Jensen yaitu Rencana Cerdas. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa kinerja reksadana saham yang terdaftar di Bapepam akan memberikan hasil yang lebih baik dari kinerja pasar, bila dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/344/051203100
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Oct 2012 14:17
Last Modified: 20 Oct 2021 02:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106164
[thumbnail of Ester_Tantri_S.__0810220084.pdf]
Preview
Text
Ester_Tantri_S.__0810220084.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item