Pengaruh Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Pada Pt. Bri (Persero) Tbk. Kantor Unit Prambon, Kantor Unit Bagor, Dan Kantor Unit Sugih Waras Kota Nganjuk

Putri, FitriOktabela (2012) Pengaruh Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Pada Pt. Bri (Persero) Tbk. Kantor Unit Prambon, Kantor Unit Bagor, Dan Kantor Unit Sugih Waras Kota Nganjuk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap kepuasan kerja karyawan. Motivasi yang terbagi menjadi dua yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik ini berdasarkan teori yang diungkapkan oleh Herzberg. Penelitian ini dilakukan pada 3 kantor unit PT. BRI (Persero) Tbk di Kota Nganjuk dengan sampel sejumlah 32 orang. Penelitian ini dilakukan pada karyawan administrasi di luar kepala unit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian asosiatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih. Hubungannya bisa simetris, kausal, dan interaktif. Dalam penelitian ini, hubungan yang dipakai adalah hubungan kausal di mana hubungan tersebut bersifat sebab akibat. Ada variabel independent (variabel yang mempengaruhi) dan variabel dependent (variabel yang dipengaruhi).Untuk analisis data digunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS 18 for windows. Disamping itu juga dilakukan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi normalitas. Dari hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh persamaan regresi linier berganda, yaitu Y = 0,729 + 0,638X1 + 0,155X2 + e. Dari persamaan tersebut menunjukkan adanya pengaruh dari variabel bebas motivasi intrinsik (X1) dan motivasi ekstrinsik (X2) terhadap kepuasan kerja karyawan(Y). Pengaruh dari variabel bebas motivasi intrinsik (X1) dan motivasi ekstrinsik (X2) terhadap kepuasan kerja karyawan(Y) dijelaskan melalui nilai Adjusted R-square (R 2 ) sebesar 0,618 yaitu sebesar 61,8% hubungan antara variabel motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap kepuasan kerja karyawan adalah cukup tinggi, sedangkan sisanya sebesar 38,2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti. Dari hasil penelitian, variabel motivasi intrinsik(X1) dan motivasi ekstrinsik (X2) berpengaruh secara simultan (secara bersama-sama) terhadap kepuasan kerja karyawan (Y), dimana nilai Fhitung > Ftabel (26,057 > 3,49) dengan nilai sig F < 5% (0,000 < 0,05). Variabel motivasi intrinsik berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan kerja karyawan, dimana nilai thitung > ttabel (3,396 > 2,04) atau sig < 5% 0,05 (0,002 < 0,05). Sedangkan untuk variabel motivasi ekstrinsik tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan kerja karyawan (Y) dimana seharusnya nilai thitung > ttabel menjadi thitung < ttabel (0,657 < 2,04) atau yang seharusnya sig < 5% menjadi sig > 5% (0,516 > 0,05).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/299/051202992
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Oct 2012 13:45
Last Modified: 19 Oct 2021 15:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106119
[thumbnail of FITRI_OKTABELA_PUTRI.pdf]
Preview
Text
FITRI_OKTABELA_PUTRI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item