Struktur Oligarki Kota Batu (Relasi Pengusaha Dan Pemerintah Di Kota Batu)

Chiquita, Maria (2018) Struktur Oligarki Kota Batu (Relasi Pengusaha Dan Pemerintah Di Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai struktur oligarki yang ada di Kota Batu serta bagaimana relasi yang dibangun oleh pengusaha dan pemerintah mempengaruhi kondisi di Kota Batu. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan informan purposif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan data sekunder berupa analisis dokumen dan observasi. Dalam penelitian ini menjelaskan mengenai relasi yang dibangun antara pengusaha dan pemerintah di Kota Batu yang awalnya adalah kedekatan Wali Kota Batu dengan pengusaha bernama Paul Sastro. Kemudian dengan adanya relasi tersebut terbentuklah struktur oligarki di Kota Batu. Dalam hal tersebut struktur oligarki yang dibangun adalah hubungan yang saling menguntungkan antara pengusaha dan pemerintah di Kota Batu. Berdasarkan relasi tersebut maka terjadi dampak terhadap masyarakat Kota Batu dalam hal lingkungan, sosial, dan ekonomi. Hasil penelitian ini adalah relasi antara Eddy Rumpoko dengan Paul Sastro berawal dari kedekatannya Paul Sastro dengan ayah dari Eddy Rumpoko. Kemudian relasi tersebut terjalin dengan adanya struktur oligark. Hal tersebut dilihat dengan adanya hubungan timbal balik dari kedua belah pihak. Paul Sastro akan membantu financial Eddy Rumpoko dalam mendapatkan kekuatan politik, sedangkan Eddy Rumpoko akan memberikan kemudahan kepada Paul Sastro dalam melakukan bisnisnya di Kota Batu. Oleh karena itu struktur oligarki di Kota Batu juga mengarah kepada politik dinasti. Dampak dari adanya relasi tersebut adalah perubahan tata ruang dan alih fungsi lahan kota Batu, pergeseran lapangan pekerjaan dan ketimpangan sosial.

English Abstract

This research identified the structure of oligarchy in Batu City and the relation between goverment and entrepreneurs could affect the condition in Batu City. This research used a qualitative descriptive method with purpossive sampling, also used interview and secondary data collectiong through documents and observation. This research explained about the relationship between the businessmen and the government especially the Mayor of Batu City. The existence of the relation itself become oligarchy that happen in Batu City. In this research, the oligarchy structure built is mutually beneficial relationship between businessmen and government in Batu City. Based on these relations, there are some impacts happen in Batu City in terms of environment, social, and economy. The result of this research is that the relationship between Eddy Rumpoko and Paul Sastro emerged from the relationship of Paul Sastro with Eddy Rumpoko’s father. Based on that relationship, there become the oligarhcy. Then the relationship interwined from the mutual relationship from both parties. Paul Sastro will help Eddy Rumpoko as financial support in earning political power, and Eddy Rumpoko will help Paul Sastro by giving convenience to execute his business in Batu City. Therefore, the oligarchy structure in Batu City also leads to dynastic politics. The impact of that relations is the space or spatial and land in Batu City changed, social and economics impact.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/210/051803610
Uncontrolled Keywords: Oligarki, Oligark, Elit, Political Entrepreneurs, Business-man, Pariwisata
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 320.8 Local government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 May 2018 01:28
Last Modified: 21 Oct 2021 02:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10611
[thumbnail of Maria Chiquita. Skripsi. 145120501111001.pdf]
Preview
Text
Maria Chiquita. Skripsi. 145120501111001.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item