Pengaruh Pengumuman Stock Split Terhadap Asimetri Informasi (Studi Kasus Pada Perusahaan-Perusahaan Yang Melakukan Stock Split Di Bei Periode 2000 - 2009)

Ariyanti, HeniDwi (2012) Pengaruh Pengumuman Stock Split Terhadap Asimetri Informasi (Studi Kasus Pada Perusahaan-Perusahaan Yang Melakukan Stock Split Di Bei Periode 2000 - 2009). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh pengumuman stock split terhadap asimetri informasi. Secara umum dapat diasumsikan bahwa pengungkapan informasi perusahaan ke publik akan menurunkan tingkat asimetri informasi. Penelitianpenelitian sebelumnya menyatakan bahwa pada saat pengumuman informasi, tingkat asimetri informasi menurun. Penelitian penelitian-penelitian sebelumnya juga mengimplikasikan bahwa untuk periode sebelum pengumuman informasi, tingkat asimetri informasi meningkat. Hal ini disebabkan oleh beberapa investor mempunyai informasi non-publik untuk mengantisipasi pengumuman stock split. Untuk periode setelah pengumuman stock split, tingkat asimetri informasi juga meningkat. Peningkatan ini dipengaruhi oleh perbedaan kemampuan investor untuk memproses pengumuman stock split yang mempengaruhi asimetri informasi. Selanjutnya, penelitian meneliti pergerakan informasi informasi di sekitar tanggal pengumuman,yaitu sebelum pengumuman stock split, pada saat pengumuman stock split, dan setelah pengumuman stock split. Pene litian ini menguji perusahaan yang melakukan stock split di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama Januari 2000 sampai dengan Desember 2009. Tes hipotesis dilakukan dengan menerapkan metode pengelompokan data, mengambil data harian periode 2000 hingga 2009 dengan periode benchmark, 9 hari sebelum, saat, dan 9 hari setelah pengumuman stock split. Bid-Ask Spread digunakan sebagai dasar untuk mendapatkan residual sebagai proxy tingkat asimetri informasi ( ASIN). Residual diambil dari hasil regresi Bid-Ask Spread dan variabel kontrol yaitu, PRICE, TRANS, VARIAN, dan DEPTH. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa variabel-variabel kontrol secara statistik berpengaruh secara signifikan terhadap spread. Hasil ini mendukung hipotesis pertama. Tes hipotesis kedua menggunakan paired sample t test menunjukkan bahwa pada periode saat, sebelum, dan setelah pengumuman stock split oleh perusahaan, asimetri informasi menurun. Hasil pada periode saat, sebelum, dan setelah pengumuman menunjukkan ketidakkonsistenan antara hasil dan hipotesis. Artinya hasilnya tidak mendukung hipotesis kedua.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/283/051202299
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Oct 2012 10:08
Last Modified: 19 Oct 2021 15:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106102
[thumbnail of PENGARUH_PENGUMUMAN_STOCK_SPLIT_TERHADAP_ASIMETRI_INFORMASI_by_HENI_DWI_ARIYANTI_(0510230091_AKT).pdf] Other
PENGARUH_PENGUMUMAN_STOCK_SPLIT_TERHADAP_ASIMETRI_INFORMASI_by_HENI_DWI_ARIYANTI_(0510230091_AKT).pdf

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item