Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada Unit Consumer Service Support PT. Telkom Tbk. Kandatel Malang

Hidayah, SilviFatikhatul (2012) Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada Unit Consumer Service Support PT. Telkom Tbk. Kandatel Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Keselamatan Kerja dan Kesehatan Kerja terhadap Kepuasan Karyawan pada Unit Consumer Service Support PT. Telkom Tbk. Kandatel Malang. Variabel independen pada penelitian ini adalah Keselamatan dan Kesehatan Kerja, sedangkan variabel dependennya adalah Kepuasan.Kerja. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebesar jumlah populasi yang ada dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang. Untuk analisis data digunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS 18 for windows, menggunakan uji F dan uji t. Disamping itu juga dilakukan uji validitas, reabilitas, uji asumsi normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas untuk mendapatkan hasil yang tidak bias. Dari hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh persamaan regresi linier berganda, yaitu Y = 0.322 X1+ 0.330 X2 = 0.974. Dari persamaan regresi tersebut menunjukkan adanya pengaruh dari variabel bebas keselamatan kerja (X1) dan kesehatan kerja (X2). Pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara simultan dijelaskan melalui nilai Adjusted R-square sebesar 0,283. Dengan demikian berarti bahwa pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja (K3) terhadap kepuasan kerja karyawan pada Unit Consumer Service Support PT. Telkom Tbk. Kandatel Malang sebesar 28,3%, dan sisanya sebesar 71,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Nilai F hitung pada hasil penelitian sebesar 8,692 sedangkan F tabel 3,25 , karena F hitung lebih besar dari nilai F tabel (8,692>3,25) maka hipotesis yang diterima adalah hipotesis H1, ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama terdapat pengaruh yang nyata dari variabel Keselamatan kerja (X 1 ) dan variabel Kesehatan kerja (X 2 ) terhadap variabel Kepuasan kerja (Y). Adanya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara parsial didapatkan nilai t hitung untuk variabel Keselamatan Kerja (X 1 ) adalah sebesar 2,053 > t tabel 2,023 maka Ho ditolak, berarti keselamatan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Nilai t hitung untuk program kesehatan kerja (X2) 2,104 > t tabel 2,023 maka Ho ditolak, berarti kesehatan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/272/051202319
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Sep 2012 13:08
Last Modified: 19 Oct 2021 15:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106092
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Abstraksi__Repaired_.pdf]
Preview
Text
Abstraksi__Repaired_.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1-5.pdf]
Preview
Text
BAB_1-5.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item