“Exploring Factors Influencing The Phenomenon Of Ipo Stocks Underpricing In Indonesia: Case Of Indonesia Stock Exchange (Idx)

Samudra, AdamSyahputeraAlam (2012) “Exploring Factors Influencing The Phenomenon Of Ipo Stocks Underpricing In Indonesia: Case Of Indonesia Stock Exchange (Idx). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menyelidiki pengaruh informasi non-akuntansi terhadap tingkat underpricing saham perdana (IPO) di Pasar Modal Indonesia. Seperti halnya yang terjadi di negara lain, fenomena underpricing juga terjadi di Indonesia, dengan rata-rata pengembalian awal 31.82%. Informasi non-akuntansi yang diteliti meliputi reputasi penjamin, reputasi auditor, besaran perusahaan, umur perusahaan, persentase penawaran saham, and besaran penerimaan kotor. Populasi dalam penelitian ini adalah 101 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak tahun 2007 hingga 2011. Sampel penelitian dipilih berdasarkan beberapa kriteria. Kriteria yang pertama adalah perusahaan yang mengalami underpricing pada hari pertama perdagangan. Kedua, laporan keuangan dalam prospektus perusahaan disajikan dalam Rupiah. Kriteria yang terakhir adalah seluruh data yang diperlukan dari masing-masing variabel independen tersedia. Dari keseluruhan populasi, 65 perusahaan dipilih sebagai sampel. Analisis regresi berganda digunakan sebagai alat uji analisis dalam penelitian ini. Hasil uji menunjukkan bahwa informasi non-akuntansi tidak berpengaruh terhadap tingkat underpricing. Masing-masing variabel independen tidak berpengaruh secara negatif terhadap tingkat underpricing. Hal ini mengindikasikan bahwa dalam membuat keputusan investasi, investor masih mempertimbangkan informasi akuntansi dan tidak mendasarkan keputusan pada informasi non-akuntansi semata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/260/051202288
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Oct 2012 15:05
Last Modified: 19 Oct 2021 14:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106082
[thumbnail of 051202288.pdf]
Preview
Text
051202288.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item