Santi,FaskaliaAris (2012) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap (Studi Pada Rumah Sakit Dr. Haryoto Lumajang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari lima dimensi, yaitu: bukti fisik ( tangibles ), keandalan ( reliability ), daya tanggap ( responsiveness ), jaminan ( assurance ), dan empati ( empathy ) terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Dr. Haryoto Lumajang. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory research . Dengan tujuan menjelaskan hubungan dan pengaruh beberapa variabel yang sudah ditetapkan. Sampel yang diambil sebanyak 70 orang pasien rawat inap di Rumah Sakit Dr. Haryoto Lumajang. Sedangkan teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling . Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji f dan t hitung. Untuk menganalisa data yang digunakan uji regresi linier berganda dan uji asumsi klasik, yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Dari hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan terhadap pengaruh yang signifikan dari variabel bebas terhadap variabel terikatnya dan secara parsial diketahui bahwa variabel Empati (X ₅ ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien dengan kepuasan pasien dengan pengaruh sebesar 0,499 dengan nilai
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2012/256/051202068 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 25 Jun 2012 13:13 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 14:51 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106077 |
Preview |
Text
051202068.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |