Analysis Of Non Business Organization Social Responsibility Towards Environment And The Reporting In Annual Report (A Case Study In Rsud Dr.Sayidiman Magetan)

Wardani,WindaWisesa (2012) Analysis Of Non Business Organization Social Responsibility Towards Environment And The Reporting In Annual Report (A Case Study In Rsud Dr.Sayidiman Magetan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sering ditemukan dampak negatif dalam setiap penyelenggaraan operasional usaha entitas berupa polusi suara, limbah produksi, kesenjangan, dan lain sebagainya yang dinamakan Eksternality . Oleh karena itu, setiap entitas yang dalam operasionalnya menghasilkan suatu eksternality diharuskan untuk melaksanakan tanggung jawab sosial terhadap lingkungan. Tanggung jawab tersebut merupakan bentuk suatu kepedulian sosial yang dinamakan sebagai Environment Responsibilty yang tercakup dalam Corporate Social Responsibility (CSR). Environment responsibility yang telah dilaksanakan, tentunya tidak hanya dipertanggungjawabkan kepada intern entitas tetapi juga kepada seluruh stakeholders . Entitas juga dituntut untuk mengungkapkan setiap aktivitas tanggung jawab sosial terhadap lingkungan sekitarnya dalam laporan tahunan, baik dalam laporan akuntansi pertanggungjawaban maupun sustainability report . Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara jelas mengenai bagaimana penerapan environment responsibility dan pelaporannya dalam laporan tahunan pada RSUD dr.Sayidiman Magetan sebagai entitas yang berpotensi menghasilkan limbah B3. Dalam menjelaskan hal tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif-komparatif dengan pedoman kerangka kerja GRI Sustainability Reporting Guidelines dijadikan sebagai acuan dalam penyusunan laporan berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RSUD dr.Sayidiman Magetan telah menerapkan environment responsibility yang diwujudkan dengan pembentukan Instalasi Sanitasi. Seluruh kegiatan instalasi sanitasi difokuskan pada aspek penyehatan lingkungan rumah sakit. Masalah yang ditemukan adalah bentuk pelaporan environment responsibility tersebut kepada stakeholders . Pihak rumah sakit masih menggabungkan biaya sehubungan dengan pengolahan limbah ini dengan biaya-biaya lain yang sejenis dalam laporan keuangan tahunan. RSUD dr.Sayidiman Magetan juga belum menyusun sebuah sustainability report . Padahal pembuatan laporan keberlanjutan dapat menjadi nilai tambah ( value added ) tersendiri bagi entitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/249/051202061
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Jun 2012 09:16
Last Modified: 19 Oct 2021 14:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106069
[thumbnail of 051202061.pdf]
Preview
Text
051202061.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item