Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pasien Yang Datang Berkunjung Di Puskesmas Kandangsapi Kota Pasuruan.

Arisoma, DianingSandya (2012) Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pasien Yang Datang Berkunjung Di Puskesmas Kandangsapi Kota Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini persaingan dalam bisnis bisa dibilang cukup kompetitif . Setiap perusahaan dituntut untuk selalu dapat bersaing. Baik itu perusahaan yang menjual barang maupun menjual jasa. Persaingan pun juga berlaku bagi perusahaan yang profit oriented ataupun yang nonprofit oriented . Contoh perusahaan yang menjual jasa yang nonprofit oriented adalah jasa pelayanan kesehatan yaitu Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing sebagai variabel bebas yang terdiri dari Keuntungan Bersama (X1), Komitmen (X2), Komunikasi (X3), Kebenaran (X4) terhadap loyalitas pasien (Y) sebagai variabel terikat baik secara simultan maupun secara parsial dan mengetahui variabel bebas mana yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap variabel terikatnya, yaitu loyalitas pasien. Obyek dalam penelitian ini adalah Puskesmas Kandangsapi Kota Pasuruan. Jenis penelitian adalah explanatory research , yaitu menjelaskan ada tidaknya hubungan antara variabel-variabel yang diteliti melalui suatu pengujian hipotesis yang dilakukan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dikarenakan responden harus memiliki persyaratan menjadi responden yaitu melakukan pengobatan di Puskesmas Kandangsapi Kota Pasuruan. Alat analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, regresi linear berganda dan untuk pengujian hipotesis menggunakan Uji F dan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat sedangkan variabel yang secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat hanya kebenaran Hal ini disebabkan karena sebagian besar pasien berusia lebih dari 41 tahun dimana pada usia tersebut sudah tidak lagi memperhatikan tentang keuntungan pasien, kemudahan prosedur, kesalahan yang diminimalisasi, profesionalitas, pelayanan, tanggungjawab, hubungan baik, keramahan dan intensitas hubungan karena merasa ketika datang dalam keadaan sakit untuk berobat yang dibutuhkan hanyalah kecepatan di dalam menangani pasien dan kejujuran atas informasi yang diberikan sehingga hanya variabel kebenaran yang secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas pasien. Variabel yang berpengaruh dominan adalah variabel kebenaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/227/051202079
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Jun 2012 13:13
Last Modified: 19 Oct 2021 14:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106045
[thumbnail of 051202079.pdf]
Preview
Text
051202079.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item