Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Dalam Indeks Lq45 Tahun 2006–2010)

Cahyono,DidinBudi (2012) Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Dalam Indeks Lq45 Tahun 2006–2010). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menakisme corporate governance terhadap nilai perusahaan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda untuk mencari model regresi dan pengujian hipotesis. Alat analisis yang dipergunakan adalah SPSS versi 17.0. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif, dimana penelitian jenis ini bertujuan untuk menyatakan hubungan antara dua variabel atau lebih, dimana dalam penelitian ini melibatkan satu variabel dependen (nilai perusahaan yang diproksi melalui Tobin’s Q) dan lima variabel independen (kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, ukuran dewan direksi, ukuran dewan komisaris, proporsi komisaris independen). Populasi dalam penelitian adalah perusahaan yang terdaftar dalam Indeks LQ45 selama periode penelitian yaitu tahun 2006 sampai tahun 2010. Teknik pengampilan sampel secara purposive sampling sehingga diperoleh 11 perusahaan yang memenuhi kriteria dari penelitian ini. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa secara simultan, mekanisme corporate governance mempunyai pengaruh signifikan positif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan secara parsial kepemilikan institusional mempunyai pengaruh signifikan positif terhadap nilai perusahaan, dimana hal ini bertolak belakang dengan ukuran dewan direksi yang mempunyai pengaruh signifikan negatif terhadap nilai perusahaan. Tiga variabel independen lainnya tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/215/051201901
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Jun 2012 10:10
Last Modified: 19 Oct 2021 14:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106031
[thumbnail of LAMPIRAN_1.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SAMPUL.pdf]
Preview
Text
SAMPUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR,_DAFTAR_ISI,_RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR,_DAFTAR_ISI,_RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item