Analisis Perilaku Pemegang Polis Asuransi Terhadap Produk Investasi Single Premium (Studi Kasus Pada Ajb Bumiputera 1912 Di Kota Malang)

Addina,BeamridzaNurul (2012) Analisis Perilaku Pemegang Polis Asuransi Terhadap Produk Investasi Single Premium (Studi Kasus Pada Ajb Bumiputera 1912 Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Asuransi merupakan lembaga keuangan non bank merupakan bisnis yang muncul karena adanya risiko dan ketidakpastian. Produk investasi Single Premium merupakan produk yang memiliki 2 benefit sekaligus yaitu investasi dan proteksi dengan cara bayar tunggal atau sekali bayar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang mendorong pemegang polis asuransi dalam memilih produk investasi Single Premium pada AJB Bumiputera 1912 di Kota Malang dengan variabel produk, informasi, pelayanan dan kepercayaan. Penelitian ini dilakukan pada 50 pemegang polis terutama nasabah Mitra Permata dan Mitra Poesaka. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan analisis faktor konfirmatori dan analisis regresi linear berganda, serta data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Hasil penelitian yang telah dilakukan menujukkan bahwa hakikat dari produk asuransi adalah produk risiko. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan jaman, inovasi produk dan persaingan ketat munculah produk mutakhir yaitu produk investasi, sehingga terjadinya pergeseran perilaku konsumen yaitu dari motif berjaga-jaga ke motif spekulasi. Informasi merupakan syarat insentif dari seorang individu yang memiliki rasionalitas terhadap pilihan dari produk investasi yang dipilihnya, sehingga apabila informasi yang didapat tidak lengkap maka akan terjadi assymetric information . Pelayanan dan kepercayaan penting terutama dalam usaha jasa yang penuh dengan ketidakpastian, risiko dan kurangnya informasi diantara pihak-pihak yang saling berhubungan. Hal inilah yang menyebabkan nasabah menginginkan pelayanan yang optimal dan kepercayaan penuh terhadap penyedia jasa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/213/051201899
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Jun 2012 11:00
Last Modified: 19 Oct 2021 14:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106029
[thumbnail of 051201899.pdf]
Preview
Text
051201899.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item