Pengaruh Dimensi Keamanan Dalam Bertransaksi Dan trategi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Online Shop

Farizki,IsmiChoirin (2012) Pengaruh Dimensi Keamanan Dalam Bertransaksi Dan trategi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Online Shop. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Maraknya transaksi jual beli melalui e-commerce di Indonesia memiliki potensi resiko yang cukup tinggi. Di antaranya mengenai faktor keamanan dalam bertransaksi yang diberikan penjual kepada pembeli. Masih banyak kasus yang memperbincangkan mengenai kendala-kendala yang ditemui pembeli ketika bertransaksi dan mengakibatkan ketidakpuasan, bahkan berlangsung pada kerugian. E-commerce sebagai media home shopping selayaknya harus lebih mampu memberikan pelayanan ekstra dan akurasi produk yang rinci dan tepat. Melihat perkembangan online shop yang terus bertambah setiap waktunya, mengakibatkan tingkat persaingan juga semakin ketat. Penjual harus lebih pintar dalam enyiasati kondisi tersebut. Salah satunya dengan menetapkan strategi harga yang tepat untuk produknya. Harga merupakan kunci bagi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Penetapan strategi harga yang tepat, akan mendorong tingkat permintaan yang akan menguntungkan bagi pemilik online shop . Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel dimensi keamanan dan strategi harga terhadap keputusan pembelian pelanggan online shop di Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden acak yang berlokasi di Jawa Timur dan disebar secara online . Instrument utama pengumpulan data berupa kuesioner dan diukur dengan skala likert . Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling . Uji yang digunakan untuk menguji instrument penelitian berupa uji validitas dan uji reliabilitas. Dari kedua variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di online shop , yaitu dimensi keamanan dan strategi harga, ternyata hanya variabel dimensi keamanan yang mempunyai pengaruh positif dan signifikan. Selain itu, dimensi keamanan memiliki porsi pengaruh paling besar jika dibandingkan dengan variabel lainnya, yaitu strategi harga. Dengan demikian, dimensi keamanan merupakan variabel yang sangat penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan online shop di Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/210/051201896
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Jun 2012 10:36
Last Modified: 19 Oct 2021 14:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106025
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKR_ISMI_CF.pdf]
Preview
Text
SKR_ISMI_CF.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item