Evaluasi Kinerja Keuangan Daerah Dan Pelayanan Publik (Kesehatan Dan Pendidikan) Provinsi Bali 2005- 2009 (Studi Kasus Empat Kabupaten Di Provinsi Bali)

Yudhistira,AnggarRamadhani (2012) Evaluasi Kinerja Keuangan Daerah Dan Pelayanan Publik (Kesehatan Dan Pendidikan) Provinsi Bali 2005- 2009 (Studi Kasus Empat Kabupaten Di Provinsi Bali). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Desentralisasi fiskal di Indonesia telah berlangsung selama satu dekade. Begitu banyak perubahan yang terjadi akibat pelaksanaan desentralisasi fiskal. Baik dari aspek fiskal, perekonomian, administrasi, sosial dan aspek lainnya. Dalam perkembangannya desentralisasi fiskal mendapatkan sambutan yang positif dari berbagai kalangan dan diharapkan dapat menjadi solusi untuk memperbaiki keadaan Bangsa Indonesia. Merujuk pada harapan tersebut, penelitian ini akan memberikan gambaran tentang pelaksaan desentralisasi fiskal antara harapan dan realita yang sesungguhnya. Penelitian ini berfokus dalam meneliti evaluasi pengelolaan kinerja keuangan daerah dan pelayanan publik (kesehatan dan pendidikan) di empat kabupaten di provinsi Bali (Kabupaten Bangli, Buleleng, Jembrana dan Klungkung). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa daerah pembanding (kabupaten Bangli dan Klungkung) lebih baik dalam pengelolaan kinerja keuangan daerah dan penyediaan pelayanan publik bagi masyarakat di bidang kesehatan dan pendidikan di bandingkan dengan daerah yang diteliti (kabupaten Buleleng dan Jembrana). Ketersediaan pelayanan publik tidak dapat dipisahkan dari peran pengelolaan keuangan daerah yang baik. Pengelolaan keuangan daerah yang efisien akan memberikan ketersediaan anggaran yang cukup untuk memberikan pelayanan publik bagi masyarakat baik dari segi infrastruktur maupun tenaga pelayanan. Rekomendasi dari penelitian ini adalah pengembangan sektor ekonomi sekunder dan tersier, efisiensi pengelolaan keuangan daerah, serta pengembangan program inovatif bagi pelayanan publik. Diharapkan rekomendasi tersebut dapat beroriantasi pada pembanguan perekonomian daerah dan penyediaan pelayanan publik yang lebih baik bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/208/051201894
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Jun 2012 10:53
Last Modified: 19 Oct 2021 14:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106022
[thumbnail of 051201894.pdf]
Preview
Text
051201894.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item