Audit Manajemen Sebagai Dasar Untuk Menilai Efektifitas Penerapan Good Corporate Governance Pada Bumn (Studi Kasus Pada Pt Perkebunan Nusantara X)

Widianto,Anton (2012) Audit Manajemen Sebagai Dasar Untuk Menilai Efektifitas Penerapan Good Corporate Governance Pada Bumn (Studi Kasus Pada Pt Perkebunan Nusantara X). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sudahkah prinsip Good Corporate Governance (GCG) diterapkan di PT. Perkebunan Nusantara X (Persero) serta mengetahui efektivitas penerapan GCG pada PT. Perkebunan Nusantara X (Persero). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data primer dan sekunder diolah untuk mengumpulkan informasi mengenai penerapan GCG di PT. Perkebunan Nusantara X (Persero). Faktor dari prinsip GCG ini meliputi Pemegang Saham, Dewan Komisaris, Direksi, Auditor Eksternal, Informasi, Keselamatan Kerja dan Pelestarian Lingkungan, Kesempatan Kerja, Hubungan dengan stakeholders , Etika Berusaha, Anti Korupsi dan Donasi, dan Pengukuran Terhadap Penerapan GCG. Kriteria yang digunakan dalam menilai efektivitas adalah Peraturan Meneg BUMN Nomor: PER – 01/MBU/2011. Pengumpulan ata penelitian diperoleh dari studi pustaka, observasi, wawancara dengan sumber data yang diteliti, dan dokumentasi. Peneliti kemudian melakukan audit manajemen dengan menggunakan data tersebut. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari kegiatan audit manajemen, dapat diketahui bahwa PT. Perkebunan Nusantara X (Persero) sudah menerapkan prinsip GCG dan penerapan GCG pada perusahaan sudah berjalan dengan efektif. Dalam penerapan GCG, perusahaan telah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan dalam penelitian ini. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah untuk meningkatkan komitmen para karyawan dalam menerapkan prinsip GCG dan mempertahankan kinerja yang sudah berjalan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/206/051201892
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Jun 2012 11:00
Last Modified: 19 Oct 2021 14:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106020
[thumbnail of Urutan_Awal.pdf]
Preview
Text
Urutan_Awal.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item