Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Firm Cycle Time Dan Timeliness (Studi Empiris Pada Perusahaan Terdaftar Di BAPEPAM Yang Terlambat Menyampaikan Laporan Keuangan Tahun 2007-2010 )

Pratitrasari, KarinaRakhma (2012) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Firm Cycle Time Dan Timeliness (Studi Empiris Pada Perusahaan Terdaftar Di BAPEPAM Yang Terlambat Menyampaikan Laporan Keuangan Tahun 2007-2010 ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah jenis perusahaan, ukuran KAP, opini audit, laba atau rugi perusahaan, ukuran perusahaan serta solvabilitas mempengaruhi waktu yang diperlukan auditor untuk menyelesaikan audit ( firm cycle time ) dan juga ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan ( timeliness ) ke BAPEPAM. BAPEPAM memberikan per aturan untuk perusahaan yang listing di BAPEPAM harus menyampaikan laporan keuangan auditan selambat-lambatnya 90 hari setelah tanggal laporan keuangan. Sehingga dalam penelitian untuk mengetahui pengaruh firm cycle time dan timeliness pada perusahaan yang diumumkan terlambat menyampaikan laporan keuangan auditan oleh BAPEPAM. Metode sampling yang digunakan yaitu metode purposive sampling dan diperoleh hasil sampel dari perusahaan yang terlambat menyampaikan laporan keuangan ke BAPEPAM yaitu sebanyak 76 perusahaan pada tahun 2007-2010. Dengan metode analisis regresi berganda, diperoleh hasil bahwa seluruh variabel yaitu jenis perusahaan (CLASS), ukuran KAP (AUD), opini audit(OPINI), laba atau rugi perusahaan (PROFITLOSS), ukuran perusahaan (SIZE) serta solvabilitas (DER) secara simultan atau bersama-sama mempengaruhi firm cycle time dan timeliness . Pada signifikansi 5%, hanya opini audit (OPINI), ukuran perusahaan (SIZE) dan solvabilitas (DER) yang mampu mempengaruhi waktu penyelesaian audit dan ketepatan waktu secara parsial, sedangkan jenis perusahaan (CLASS), ukuran KAP (AUD), dan laba atau rugi perusahaan (PROFITLOSS) tidak memberikan pengaruh secara parsial pada waktu penyelesaian audit dan ketepatan waktu penyampaian laporan keungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/180/051201629
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 May 2012 10:50
Last Modified: 19 Oct 2021 21:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105992
[thumbnail of 051201629.pdf]
Preview
Text
051201629.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item