Pengaruh Confidence Benefits, Social Benefits, Dan Special Treatment Benefits Terhadap Komitmen Pelanggan Pengguna Kartu Mcc Matahari Department Store Malang Town Square

Damanik, PutriRizkiSM (2012) Pengaruh Confidence Benefits, Social Benefits, Dan Special Treatment Benefits Terhadap Komitmen Pelanggan Pengguna Kartu Mcc Matahari Department Store Malang Town Square. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Belanja merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh banyak orang dengan maksud memenuhi kebutuhan. Ada manfaat yang ingin diperoleh dari berbelanja. Manfaat belanja ini melibatkan interaksi antara konsumen dengan produk dan jasa yang tidak hanya berkaitan dengan objek itu sendiri tetapi juga dengan pengalaman konsumsi yang dirasakan konsumen terhadap hubungannya dengan karyawan toko. Terdapat tiga manfaat yang diterima konsumen atas interaksinya dengan karyawan, yaitu kepercayaan (confidence benefits), hubungan baik dengan karyawan (social benefits), dan perlakuan khusus (special treatment benefits). Dalam bisnis ritel, pengelola bisnis terutama Department Store dituntut untuk mampu menciptakan hubungan baik dengan pelanggan agar mampu menciptakan komitmen pelanggan dengan Department Store. Penelitian ini dilakukan di Matahari Department Store Malang Town Square. Peneilitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh confidence benefits, social benefits, dan special treatment benefits terhadap komitmen pelanggan pengguna kartu MCC Matahari Department Store Malang Town Square, dan menentukan variabel mana yang mempunyai pengaruh dominan terhadap komitmen pelanggan. Jenis penelitian ini adalah eksplanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Sampel penelitian ini adalah 100 responden yang memiliki dan menggunakan kartu MCC Matahari Department Store pada saat berbelanja minimal selama 1 tahun dengan menggunakan purposive sampling. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Selanjutnya uji hipotesis dilakukan menggunakan uji F dan uji t. Sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel confidence benefits, social benefits, dan special treatment benefits berpengaruh signifikan signifikan secara simultan dan parsial terhadap komitmen pelanggan pengguna kartu MCC Matahari Department Store Malang Town Square. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel confidence benefits merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap komitmen pelanggan pengguna kartu MCC Matahari Department Store Malang Town Square.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/18/051200282
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Apr 2012 09:38
Last Modified: 19 Oct 2021 21:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105991
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of kata_pengantar.pdf]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiran_1_kuesioner.pdf]
Preview
Text
lampiran_1_kuesioner.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of daftar_isi.pdf]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiran_2_distribusi_frekuensi.pdf]
Preview
Text
lampiran_2_distribusi_frekuensi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiran_3_uji_validitas_dan_reliabilitas.pdf]
Preview
Text
lampiran_3_uji_validitas_dan_reliabilitas.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiran_4_uji_asumsi_klasik.pdf]
Preview
Text
lampiran_4_uji_asumsi_klasik.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of riwayat_hidup.pdf]
Preview
Text
riwayat_hidup.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_1.pdf]
Preview
Text
bab_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of abstraksi.pdf]
Preview
Text
abstraksi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_2.pdf]
Preview
Text
bab_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_3.pdf]
Preview
Text
bab_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_4.pdf]
Preview
Text
bab_4.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of bab_5.pdf]
Preview
Text
bab_5.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item