Damanik, PutriRizkiSM (2012) Pengaruh Confidence Benefits, Social Benefits, Dan Special Treatment Benefits Terhadap Komitmen Pelanggan Pengguna Kartu Mcc Matahari Department Store Malang Town Square. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Belanja merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh banyak orang dengan maksud memenuhi kebutuhan. Ada manfaat yang ingin diperoleh dari berbelanja. Manfaat belanja ini melibatkan interaksi antara konsumen dengan produk dan jasa yang tidak hanya berkaitan dengan objek itu sendiri tetapi juga dengan pengalaman konsumsi yang dirasakan konsumen terhadap hubungannya dengan karyawan toko. Terdapat tiga manfaat yang diterima konsumen atas interaksinya dengan karyawan, yaitu kepercayaan (confidence benefits), hubungan baik dengan karyawan (social benefits), dan perlakuan khusus (special treatment benefits). Dalam bisnis ritel, pengelola bisnis terutama Department Store dituntut untuk mampu menciptakan hubungan baik dengan pelanggan agar mampu menciptakan komitmen pelanggan dengan Department Store. Penelitian ini dilakukan di Matahari Department Store Malang Town Square. Peneilitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh confidence benefits, social benefits, dan special treatment benefits terhadap komitmen pelanggan pengguna kartu MCC Matahari Department Store Malang Town Square, dan menentukan variabel mana yang mempunyai pengaruh dominan terhadap komitmen pelanggan. Jenis penelitian ini adalah eksplanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Sampel penelitian ini adalah 100 responden yang memiliki dan menggunakan kartu MCC Matahari Department Store pada saat berbelanja minimal selama 1 tahun dengan menggunakan purposive sampling. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Selanjutnya uji hipotesis dilakukan menggunakan uji F dan uji t. Sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel confidence benefits, social benefits, dan special treatment benefits berpengaruh signifikan signifikan secara simultan dan parsial terhadap komitmen pelanggan pengguna kartu MCC Matahari Department Store Malang Town Square. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel confidence benefits merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap komitmen pelanggan pengguna kartu MCC Matahari Department Store Malang Town Square.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2012/18/051200282 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 13 Apr 2012 09:38 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 21:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105991 |
Preview |
Text
cover.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
daftar_pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
kata_pengantar.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
lampiran_1_kuesioner.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
daftar_isi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
lampiran_2_distribusi_frekuensi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
lampiran_3_uji_validitas_dan_reliabilitas.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
lampiran_4_uji_asumsi_klasik.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
riwayat_hidup.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_1.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
abstraksi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_2.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_3.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_4.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_5.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |