Analisis Kesiapan Penerapan Good Corporate Governance pada Klub Sepakbola di Indonesia (Studi Kasus pada Klub Sepakbola Persema Malang)”.

Agam, FerryOdi (2012) Analisis Kesiapan Penerapan Good Corporate Governance pada Klub Sepakbola di Indonesia (Studi Kasus pada Klub Sepakbola Persema Malang)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan penerapan good corporate governance (GCG) pada klub sepakbola di Indonesia. Eksplorasi terhadap kesiapan penerapan GCG tersebut dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Sepakbola merupakan salah satu industri baru yang menjanjikan banyak potensi bisnis di dalamnya. Dalam menjalankan industri bisnis tersebut, diperlukan pengelolaan klub sepakbola yang sehat agar klub mampu mendapatkan kepercayaan dari segenap stakeholders -nya. Salah satu cara agar klub mampu mendapatkan kepercayaan dari stakeholders adalah dengan menerapkan praktek GCG pada klub bersangkutan. Dan sebelum menerapkan praktek GCG secara utuh pada klub tersebut, diperlukan analisis mengenai kesiapan penerapannya oleh klub yang bersangkutan. Analisis kesiapan yang dilakukan dapat ditinjau dari pemenuhan aspek infrastruktur dan soft -struktur GCG yang dimiliki oleh klub tersebut. Dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa klub sepakbola di Indonesia belum siap untuk menerapkan GCG pada tata kelola klub tersebut. Masih banyak infrastruktur dan juga soft struktur GCG yang belum dipenuhi oleh klub untuk bisa menerapkan GCG secara maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/176/051201625
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 May 2012 12:53
Last Modified: 19 Oct 2021 21:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105987
[thumbnail of 051201625.pdf]
Preview
Text
051201625.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item