Analisis Pengaruh Pengeluaran Sektor Publik Terhadap Kualitas Pemerintahan dan Pembangunan Ekonomi di Lima Negara ASEAN.

Saraswati, FarahIndah (2012) Analisis Pengaruh Pengeluaran Sektor Publik Terhadap Kualitas Pemerintahan dan Pembangunan Ekonomi di Lima Negara ASEAN. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Apakah kenyataan akan berjalan konsisten dengan suatu prediksi bahwa pengeluaran sektor publik berpengaruh positif terhadap kualitas pemerintahan dan pembangunan ekonomi di suatu negara? Terdapat banyak penelitian terdahulu yang menemukan bahwa pengeluaran sektor publik berkorelasi positif terhadap kualitas pemerintahan dan pembangunan ekonomi. Penelitian ini secara empiris menguji apakah hasil penelitian tersebut memang terjadi di dunia nyata. Analisis empiris penelitian ini berdasarkan data di lima negara anggota ASEAN dalam kurun waktu tahun 2000 hingga 2010. Adapun keterkaitan antara pengeluaran sektor publik, kualitas pemerintahan, dan pembangunan ekonomi dianalisis dengan Partial Least Square (PLS). Secara spesifik, hasil peneltian menunjukkan bahwa (1) pengeluaran sektor publik memiliki pengaruh positif terhadap kualitas pemerintahan ; (2) tingginya kualitas pemerintahan bepengaruh positif dan signifikan terhadap semakin majunya pembangunan ekonomi ; (3) semakin besar porsi pengeluaran sektor publik, maka pembangunan ekonomi akan semakin menurun. Hasil ketiga dari penelitian ini cukup mengejutkan mengingat argumen dari penelitian – penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa pengeluaran sektor publik dapat menunjukkan kontribusi positif terhadap kualitas pemerintahan di suatu negara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/172/051201588
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 May 2012 11:49
Last Modified: 19 Oct 2021 21:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105983
[thumbnail of Awalan_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Awalan_Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi_Pengaruh_PSP_Terhadap_KP_dan_PE.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Pengaruh_PSP_Terhadap_KP_dan_PE.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item