Penilaian Kinerja Keuangan PT. Astra International, Tbk Sebelum dan Selama Krisis Keuangan Internasional dengan Menggunakan Pendekatan Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA)

Putra, RagilPradana (2012) Penilaian Kinerja Keuangan PT. Astra International, Tbk Sebelum dan Selama Krisis Keuangan Internasional dengan Menggunakan Pendekatan Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis kinerja keuangan PT. Astra International, Tbk. dengan metode Economic Value Added dan Market Value Added. PT. Astra International, Tbk. Alasan dipilih nya PT. Astra International, Tbk. karena, perusahaan tersebut merupakan The Most Admired Company in Indonesia 2010 , menurut salah satu situs bisnis terkemuka didunia yaitu Wall Street Journal Asia . Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif tentang kinerja keuangan PT. Astra International, Tbk.. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengambil data sekunder berupa laporan keuangan, Tingkat SBI bulanan, Indonesian Capital Market Directory dan IHSG. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis Economic Value Added dan Market Value Added . Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Astra International, Tbk. mempunyai nilai EVA dan MVA yang positif dan cenderung meningkat dari tahun 2005 – 2010. Bahkan pada masa Krisis Keuangan Global tahun 2008/2009 pun, nilai EVA dan MVA PT. Astra International, Tbk mengalami peningkatan. Perusahaan yang mampu menghasilkan nilai Economic Value Added dan Market Value Added positif berarti mampu menghasilkan tingkat pengembalian yang lebih tinggi dari modal yang diinvestasikan. Artinya, PT Astra International, Tbk pada kurun waktu tersebut mempunyai kinerja keuangan yang baik. Hanya saja, pada tahun 2006 nilai EVA mengalami penurunan, yang disebabkan oleh penurunan penjualan dari sektor penyumbang pendapatan bersih terbesar, yaitu sektor otomotif, dikarenakan adanya kenaikan tingkat suku bunga dan harga bahan bakar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/171/051201587
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 May 2012 09:58
Last Modified: 19 Oct 2021 21:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105982
[thumbnail of BAB_IV_baru_ready_print.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_baru_ready_print.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR_dan_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR_dan_DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of judul_skripsi.pdf]
Preview
Text
judul_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_5_6,7,8.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_5_6,7,8.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_baru.pdf]
Preview
Text
BAB_I_baru.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item