Analisa Strategi Perusahaan dengan Pendekatan SWOT Analisis Fred R. David pada PT. Petrokimia Gresik

Chairunnas, Dicky (2012) Analisa Strategi Perusahaan dengan Pendekatan SWOT Analisis Fred R. David pada PT. Petrokimia Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi perusahaan apa yang sesuai untuk digunakan oleh PT. Petrokimia Gresik dalam menghadapi kondisi persaingan industri pupuk di Indonesia. Pendekatan SWOT analisis Fred R. David digunakan sebagai alternatif perumusan strategi yang membantu dalam perumusan strategi perusahaan nantinya. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis elemen-elemen lingkungan perusahaan yang terdiri dari lingkungan internal perusahaan ( pemasaran, penelitian dan pengembangan, SDM, operasional, keuangan dan sistem informasi manajemen) dan lingkungan eksternal perusahaan ( lingkungan industri, geografis, faktor teknologi). Selanjutnya dirumuskan dalam analisis faktor strategi IFAS dan EFAS. Hasil penilaian kuantitatif ini akan menggambarkan posisi perusahaan dalam Matriks Grand Strategy , Matriks IE hingga terakhir perumusan strategi pada Matriks SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, menjelaskan kondisi strategis PT. Petrokimia Gresik bahwa memiliki nilai kekuatan 0,72 lebih besar daripada kelemahan dengan nilai 0,28. Serta nilai peluang 0,54 lebih besar daripada ancaman dengan nilai 0,46. Hasil analisis kuantitatif ini bila dimasukan dalam Matriks Grand Strategy akan menempatkan PT. Petrokimia Gresik pada posisi sel I (Sel agresif) yang memiliki alternatif strategi pengembangan pasar, pengembangan produk, penetrasi pasar, integrasi kebelakang, integrasi kedepan, doversifikasi konsentrik. selain itu dari hasil analisis Matriks IE menjelaskan bahwa posisi perusahaan berada pada posisi sel I yakni strategi tumbuh dan berkembang dengan alternatif strategi yaitu Pengembangan pasar, pengembangan produk, penetrasi pasar). Sedangkan dari hasil Matriks SWOT menghasilkan strategi perusahaan yang sesuai untuk diterapkan yaitu strategi pengembangan pasar. Berdasarkan kesemuanya ini maka strategi perusahaan yang sesuai untuk diterapkan yaitu strategi pengembangan pasar. Strategi ini bertujuan untuk mengoptimalkan angka penjualan produk, meningkatkan market share PT. Petrokimia Gresik dalam persaingan industri pupuk. Selain itu juga bertujuan untuk terus mempertahankan brand image PT. Petrokimia Gresik sebagai pabrik pupuk terlengkap dan terbesar di Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/167/051201583
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 May 2012 11:39
Last Modified: 19 Oct 2021 21:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105977
[thumbnail of 051201583.pdf]
Preview
Text
051201583.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item