Pengukuran Kinerja Pada Instansi Pemerintah Menggunakan Balanced Scorecard

Nugraha, FajarWarta (2012) Pengukuran Kinerja Pada Instansi Pemerintah Menggunakan Balanced Scorecard. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada masa kini hampir seluruh instansi sektor publik saling bekerja sama untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Demi tercapainya pelayanan yang optimal, semua instansi memerlukan alat penilaian kinerja untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Alat tersebut adalah Balanced Scorecard. Balance Scorecard dapat membantu instansi menterjemahkan visi dan misi instansi dalam sebuah rencana strategis dalam suatu tindakan yang nyata. Penelitian dilakukan di Badan Perencanaan Pembangunan Provinsi Jawa Timur(BAPPEPROV). Alasan dilakukan penelitian di sana adalah belum diterapkannya Balance Scorecard dalam metode pengukuran kinerja pada tahun tersebut, sehingga, penilaian kinerja instansi tersebut saat ini belum optimal terutama dari sisi non keuangan. Ada 4 aspek yang diukur dalam metode Balanced Scorecard. Aspek tersebut adalah aspek keuangan, aspek bisnis internal, aspek karyawan dan kapasitas instansi, aspek customer and stakeholder. Dalam aspek keuangan itu berisikan mengenai perbandingan antara jumlah anggaran awal dengan realisasi pada akhir tahun. Aspek tersebut mengukur tingkat efektifitas dan effisiensi masing-masing program. Aspek customer and stakeholder berisikan mengenai tingkat kepuasan yang dicapai oleh para kepala bidang mengenai isi dari laporan evaluasi kinerja tahunan, evaluasi permasalahan yang terjadi selama setahun terkait pelayanan kepada masyarakat. Aspek bisnis internal melihat kesesuaian antara realisasi masing-masing program dengan target yang ingin dicapai, pengendalian yang dilakukan mengenai tidak tercapainya suatu program, menganalisa gaya kepemimpinan apa yang sesuai untuk diterapkan dalam instansi. Aspek karyawan dan kapasitas instansi berisi tentang teknologi yang digunakan instansi, tingkat absensi karyawan serta pengendaliannyaa, serta upaya peningkatan kualitas SDM yang ada. Secara keseluruhan kinerja instansi berada dalam kondisi yang baik. Akan tetapi ada beberapa kekurangan jika diteliti menggunakan Balanced Scorecard sehingga perlu ditambahkan beberapa aspek agar kinerja instansi lebih baik di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/141/051201429
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 May 2012 14:57
Last Modified: 19 Oct 2021 21:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105951
[thumbnail of LAMPIRAN_4.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Pengukuran_Kinerja_di_Instansi_Pemerintah_Daerah_Dengan_Menggunakan_Balanced_Scorecard.pdf]
Preview
Text
Pengukuran_Kinerja_di_Instansi_Pemerintah_Daerah_Dengan_Menggunakan_Balanced_Scorecard.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_2.pdf]
Preview
Text
Lampiran_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_1.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_3.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_3.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item