Rahmawati (2012) Profiling Consumer Pusat Perbelanjaan Malang Town Square (MATOS) dengan Menggunakan Pendekatan Demografi dan Shopping Motivation. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Latar belakang penelitian bertujuan untuk (1). Mengidentifikasi segmen yang terbentuk pada pengunjung Malang Town Square (MATOS) (2). Mendeskripsikan profil-profil yang terbentuk dari segmen pengunjung MATOS (3). Menjelaskan perbedaan karakteristik antar segmen yang terbentuk. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan demografi yang terdiri dari jenis kelamin, usia, status pernikahan, pekerjaan, pendidikan terakhir, pendapatan, dan jumlah keluarga. Sedangkan variabel shopping motivation terdiri dari gratification seeking, social shopping, value shopping, brand loyality, utilitarian dan hedonic shopping. Penelitian ini merupakan jenis penelitian exploratory research yang kemudian dilanjutkan dengan penelitian deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 100 responden yang merupakan pengunjung MATOS. Sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling untuk pengunjung yang minimal 3 kali mengunjungi MATOS. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis faktor yang kemudian dari score factor tersebut digunakan sebagai input analisis kluster dengan menggunakan metode hirarki yang kemudian dilanjutkan dengan variance method dan ward’s method hingga terbentuk kluster. Untuk menguji perbedaan antar segmen yang terbentuk dari variabel shopping motivation digunakan uji-t sedangkan pengujian perbedaan dari variabel demografi menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian dengan proses teknik analisis data yang telah dikemukan adalah terbentuk dua segmen pengunjung MATOS berdasarkan Shopping Motivation . Segmen satu terdiri dari 51% dengan nama Utilitarian Shopper dan segmen dua terdiri dari 49% dengan nama Hedonic Shopping . Utulitarian shopper memiliki ciri pembelanja cepat, dan cenderung rasional dan efesien dalam setiap aktivitas belanja. Sedangkan hedonic shopper memiliki ciri pembelanja berorientasi kesenangan, bersosialisasi, mencapai kepuasan, dan menikmati belanja.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2012/124/051201288 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 07 Jun 2012 10:36 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:35 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105934 |
Preview |
Text
6._LAMPIRAN_UJI_MANN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
5._LAMPIRAN_UJI-t.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
7._LAMPIRAN_CROSS_TABULATION.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
KATA_PENGANTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
4._LAMPIRAN_HASIL_ANALISIS_CLUSTER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
RIWAYAT_HIDUP.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
1._LAMPIRAN_KUESIONER_PENELITIAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
3._LAMPIRAN_HASIL_ANALISIS_FAKTOR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
2._LAMPIRAN_HASIL_TABEL_FREKUENSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |