Profiling Consumer Pusat Perbelanjaan Malang Town Square (MATOS) dengan Menggunakan Pendekatan Demografi dan Shopping Motivation.

Rahmawati (2012) Profiling Consumer Pusat Perbelanjaan Malang Town Square (MATOS) dengan Menggunakan Pendekatan Demografi dan Shopping Motivation. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian bertujuan untuk (1). Mengidentifikasi segmen yang terbentuk pada pengunjung Malang Town Square (MATOS) (2). Mendeskripsikan profil-profil yang terbentuk dari segmen pengunjung MATOS (3). Menjelaskan perbedaan karakteristik antar segmen yang terbentuk. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan demografi yang terdiri dari jenis kelamin, usia, status pernikahan, pekerjaan, pendidikan terakhir, pendapatan, dan jumlah keluarga. Sedangkan variabel shopping motivation terdiri dari gratification seeking, social shopping, value shopping, brand loyality, utilitarian dan hedonic shopping. Penelitian ini merupakan jenis penelitian exploratory research yang kemudian dilanjutkan dengan penelitian deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 100 responden yang merupakan pengunjung MATOS. Sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling untuk pengunjung yang minimal 3 kali mengunjungi MATOS. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis faktor yang kemudian dari score factor tersebut digunakan sebagai input analisis kluster dengan menggunakan metode hirarki yang kemudian dilanjutkan dengan variance method dan ward’s method hingga terbentuk kluster. Untuk menguji perbedaan antar segmen yang terbentuk dari variabel shopping motivation digunakan uji-t sedangkan pengujian perbedaan dari variabel demografi menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian dengan proses teknik analisis data yang telah dikemukan adalah terbentuk dua segmen pengunjung MATOS berdasarkan Shopping Motivation . Segmen satu terdiri dari 51% dengan nama Utilitarian Shopper dan segmen dua terdiri dari 49% dengan nama Hedonic Shopping . Utulitarian shopper memiliki ciri pembelanja cepat, dan cenderung rasional dan efesien dalam setiap aktivitas belanja. Sedangkan hedonic shopper memiliki ciri pembelanja berorientasi kesenangan, bersosialisasi, mencapai kepuasan, dan menikmati belanja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/124/051201288
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Jun 2012 10:36
Last Modified: 19 Oct 2021 13:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105934
[thumbnail of 6._LAMPIRAN_UJI_MANN.pdf]
Preview
Text
6._LAMPIRAN_UJI_MANN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._LAMPIRAN_UJI-t.pdf]
Preview
Text
5._LAMPIRAN_UJI-t.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._LAMPIRAN_CROSS_TABULATION.pdf]
Preview
Text
7._LAMPIRAN_CROSS_TABULATION.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._LAMPIRAN_HASIL_ANALISIS_CLUSTER.pdf]
Preview
Text
4._LAMPIRAN_HASIL_ANALISIS_CLUSTER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RIWAYAT_HIDUP.pdf]
Preview
Text
RIWAYAT_HIDUP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1._LAMPIRAN_KUESIONER_PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
1._LAMPIRAN_KUESIONER_PENELITIAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._LAMPIRAN_HASIL_ANALISIS_FAKTOR.pdf]
Preview
Text
3._LAMPIRAN_HASIL_ANALISIS_FAKTOR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._LAMPIRAN_HASIL_TABEL_FREKUENSI.pdf]
Preview
Text
2._LAMPIRAN_HASIL_TABEL_FREKUENSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item