Persepsi Masyarakat Mengenai Perbankan Syariah Dan Keputusannya Menjadi Nasabah Bansk Syariah Di Kota Pasuruan (Studi : Kecamatan Gading Rejo)

Agustin, SilviF (2012) Persepsi Masyarakat Mengenai Perbankan Syariah Dan Keputusannya Menjadi Nasabah Bansk Syariah Di Kota Pasuruan (Studi : Kecamatan Gading Rejo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan perbankan syariah cukup pesat di kota-kota besar. Namun fenomena yang terjadi di Kota Pasuruan dimana kota yang dikenal sebagai kawasan Kota Santri terutama di Kecamatan Gadingrejo yang terdapat banyak pondok pesantren, tetapi yang terjadi perkembangan bank syariah sangat lambat dibandingkan dengan perkembangan bank konvensional. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui Persepsi Masyarakat Mengenai Perbankan Syariah dan Keputusannya Menjadi Nasabah Bank Syariah di Kota Pasuruan. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara, pengamatan dan pengumpulan catatan serta triangulasi data yang kemudian diolah dan dianalisis oleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Masyarakat Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan merupakan masyarakat yang mempunyai jiwa religius yang sangat tinggi dan memegang teguh prinsip agama Islam dengan mengaplikasikan nilai-nilai religius ke dalam berbagai aspek kehidupan membuat masyarakat Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan menggunakan bank syariah yang sesuai dengan idealisme mereka. Akan tetapi, Bank syariah di Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan belum memberdayakan peranan pemimpin lokal (tokoh ulama terkemuka di Kota Pasuruan) untuk mempersuasif serta memberikan wejangan tentang sisi positif dari bank syariah sehingga geliat bank syariah di Kota Pasuruan berjalan lambat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/122/051201286
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 May 2012 10:54
Last Modified: 19 Oct 2021 13:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105932
[thumbnail of 051201286.pdf]
Preview
Text
051201286.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item