Analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan dalam menetapkan strategi yang tepat : studi kasus pada PT. Esia Bakrie Telecom Jakarta.

Dewanto, DimasAryo (2012) Analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan dalam menetapkan strategi yang tepat : studi kasus pada PT. Esia Bakrie Telecom Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisa lingkungan dibutuhkan karena lingkungan dapat mempengaruhi segala bentuk keputusan yang akan diambil pihak manajerial perusahaan, melihat kondisi lingkungan yang dihadapi perusahaan dewasa ini adalah sangat kompetitif dan sulit diprediksi. Tujuan yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah untuk melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan dengan cara mengidentifikasi ancaman, peluang, kekuatan dan kelemahan yang dihadapi PT. Esia Bakrie Telecom sebagai bahan dalam penyusunan rencana strategis perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang bermaksud untuk membuat pencandraan (deskripsi) mengenai situasi-situasi atau kejadian-kejadian. Sumber data dalam penelitian ini ada dua macam yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh langsung dari perusahaan dalam hal ini PT. Esia Bakrie Telecom. Data sekunder merupakan data yang diperoleh secara tidak langsung oleh peneliti. Analisis Kualitatif, yaitu berupa data-data non angka dan pengertian analisis, serta membandingkan teori-teori yang ada untuk memperoleh kesimpulan-kesimpulan tertentu. Adapun analisis kualitatif yang digunakan adalah analisis lingkungan eksternal, analisis lingkungan internal, dan analisis SWOT. Perencanaan strategi harus didukung oleh suatu rencana yang akan mempermudah perusahaan dalam merealisir kegiatan agar apa yang diinginkan perusahaan bisa tercapai. Adanya keunggulan perusahaan pada wilayah pemasaran yang hampir mencakup seluruh Indonesia. Dari hasil pertumbuhan pasar dapat diketahui bahwa PT. Esia Bakrie Telecom Jakarta berada pada posisi Cash Cows yang artinya perusahaan tetap mempertahankan produk-produk mereka yang lama untuk mendapatkan laba yang lebih banyak yang nantinya akan digunakan untuk menciptakan produk yang baru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/12/ 051200227
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Mar 2012 10:26
Last Modified: 15 Mar 2012 10:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105929
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item