Penerapan Blue Ocean Strategy Pada Flexinet : Studi Kasus pada PT. Telkom di Malang pada Tahun 2010

Damayanti, NurushSGaluh (2011) Penerapan Blue Ocean Strategy Pada Flexinet : Studi Kasus pada PT. Telkom di Malang pada Tahun 2010. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan bagaimana visi, misi dan tujuan dari Flexinet, dan bagaimana analisa lingkungan eksternal maupun internal Flexinet, melalui Analisa SWOT (strength, weakness, opportunity, threat), serta bagaimana penerapan strategic planning yang didasarkan pada analisa kerangka kerja empat langkah dan enam prinsip blue ocean strategy pada Flexinet,. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif (descriptive research) dengan pendekatan penelitian eksploratif. Data diperoleh berdasarkan wawancara kepada pihak manajemen Flexinet, (internal) dan melalui surat kabar, jurnal, buku dan artikel(eksternal), sedangkan metode pengumpulan datanya adalah case study. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil analisa SWOT (strength, weakness, opportunity, threat) terdapat banyak kekuatan dan peluang perusahaan jika dibandingkan dengan kelemahan dan ancamannya. Oleh karena itu penerapan inovasi nilai Flexinet, merupakan langkah yang tepat. Dalam penerapan inovasi nilai, Flexinet, menerapkan kerangka kerja empat langkah. Adapun hasil dari kerangka kerja empat langkah adalah Flexinet, Adapun hasil dari kerangka kerja empat langkah adalah PT. Telkom (Flexinet) harus menghapuskan target pasar yang berorientasi pada kualitas, upaya ini dicocokan dengan konsep Flexinet yaitu menghadirkan konsep provider internet yang berkualitas dengan harga terjangkau. Selain itu Flexinet juga harus mengurangi penggunaan teknologi yang berlebihan dengan menggunakan masih menggunakan teknologi 2000 1x, dimana kompetitor terdekatnya sudah meng-upgrade ke teknologi EVDO. Untuk memasuki Blue Ocean, Flexinet harus menerapkan enam prinsip blue ocean yang mendorong pelaksanaan strategi BOS, (1) merekonstruksi batasan pasar.(2)fokus gambaran besar bukan pada angka.(3)menjangkau pasar hingga tingkat non konsumen(4)menjalankan rangkaian strategis secara benar. (5)mengatasi rintangan organisasi.(6)menjalankan eksekusi strategi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/98/051100836
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Apr 2011 13:53
Last Modified: 08 Apr 2011 13:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105905
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item