Penentuan Segmentasi Pasar Dalam Rangka Pengembangan Strategi Pemasaran Pada PT. Pertamina (Persero) Upms V Surabaya (Studi Kasus Pada Pemasaran Pertamax)

FirmanAbadi (2011) Penentuan Segmentasi Pasar Dalam Rangka Pengembangan Strategi Pemasaran Pada PT. Pertamina (Persero) Upms V Surabaya (Studi Kasus Pada Pemasaran Pertamax). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan strategi pemasaran dalam menentukan segmentasi pasar yang diinginkan oleh PT. Pertamina (Persero) Upms V Surabaya dengan studi kasus produk pertamax. Untuk mengetahui dan memperoleh hal-hal yang berkaitan dengan masalah yang diteliti, digunakan beberapa metode untuk menganalisisnya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif . Sesuai dengan fokus yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui penentuan segmentasi pasar dalam rangka pengembangan strategi pemasaran pada PT. Pertamina (Persero) Upms V Surabaya (studi kasus pada pemasaran pertamax) dan rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan studi kasus. Penelitian ini menggunakan 12 informan yang berada di kantor dan diluar kantor PT. Pertamina (Persero) Upms V Surabaya. Untuk memperoleh data yang diperlukan, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Lalu untuk analisis data, langkah yang dilakukan yaitu mereduksi data, menyajikan data dan setelah itu dilakukan penarikan kesimpulan serta verifikasi data. Sedangkan dalam menguji keabsahan datanya, penelitian ini melakukan dengan empat cara meliputi uji credibility , transferability , dependability, confirmability. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dengan adanya penentuan segmentasi pasar yang jelas tidak hanya berdasarkan demografis, geografis, psikografis, behavioral saja, akan tetapi dengan melaksanakan segmentasi multisegmen dapat mengembangkan strategi pemasaran yang baik. Begitu pula dengan terus melakukan kegiatan promosi yang menarik, memberikan edukasi produk secara berkala baik kepada pengelola SPBU maupun konsumen dan masyarakat, mengupayakan semua SPBU memiliki outlet BBK terutama pertamax, terus memantau dan mengawasi kualitas layanan dari SPBU, terus menjalin kerjasama dengan pihak ketiga diharapkan dapat meningkatkan penjualan pertamax dan membuat konsumen tidak terlalu tergantung dengan adanya BBM subsidi dan tidak beralih kepada produk pesaing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/9/ 051100526
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Mar 2011 11:35
Last Modified: 24 Mar 2011 11:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105897
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item