Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio : Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang

Mujiono (2011) Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio : Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Atribut Produk Sepeda Motor Yamaha Mio terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang baik secara parsial maupun simultan. Adapun variabel Atribut Produk yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari Kualitas (Quality), Merek (Brand), Desain (Design) dan Garansi (Warranty). Jenis penelitian yang lakukan ini adalah penelitian survey, dimana peneliti menyebarkan kuesioner kepada para mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang yang menggunakan dan memutuskan melakukan pembelian sepeda motor Yamaha Mio. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa seluruh variabel Atribut Produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang, baik berpengaruh secara simultan maupun parsial. Variabel Kualitas merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Hal ini dapat dilihat dari nilai t variabel Kualitas yang paling besar dibandingkan dengan nilai t variabel Atribut Produk yang lain. Berdasarkan hasil koefisien determinasi (R2) diperoleh hasil sebesar 0,609. Artinya, variabel Atribut Produk yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang adalah sebesar 60,9%. Hal ini dijelaskan oleh faktor Kualitas, Merek, Desain, dan Garansi, sedangkan sisanya, yaitu sebesar 39,1%, dipengaruhi faktor lain diluar model, misalnya faktor harga, faktor promosi, faktor manajemen pelayanan dan faktor intern mahasiswa (misal: daya beli, interaksi sosial dan tingkat kebutuhan). Perusahaan hendaknya menjaga dan terus meningkatkan kualitas Sepeda motor Yamaha Mio dari tingkat keawetan, kinerja mesin yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat modern saat ini dan daya tahan yang kuat terhadap medan jalannan juga sangat penting dalam membentuk kualitas produk yang baik. Perusahaan perlu mempertahankan citra merek ini sebagai cara untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dalam memilih produk sepeda motor Yamaha Mio, sehingga untuk membangun citra merek itu dengan mempertahankan dan melakukan perbaikan pada produk yang dihasilkan sehingga yang menciptakan minat beli. Desain dalam hal ini meliputi kemudahan dalam pengunaan, kemudahan ketika dikendarai pada medan medan berat dan kelengkapan fitur sepeda motor Mio dan ragam bentuk dan warna yang menarik. Semua item – item ini sangat penting untuk diperhatikan agar selalu dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan selera pasar sehingga konsumen akan tetap senang dengan produk yang dihasilkan. Dengan garansi konsumen akan semakain yakin dalam melakukan pembelian ulang pada perusahan, sehingga perusahaan membutuhkan pendekatan yang terintegrasi antara rasa aman konsumen dan bagaimana pelayan nan purna jual yang dilakuan produsen. Pada penjualan sepeda motor Yamaha Mio tentunya perusahaan harus benar – benar menjaga kepercayaan consumen agar konsumen selalu yakin bahwa produk yang dibelinya merupakan produk yang terbaik dan yakin bahwa keamanannya dalam menggunakan produk Yamaha Mio dijamin perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/808/051102249
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2011 09:34
Last Modified: 19 Oct 2021 12:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105871
[thumbnail of 051102249.pdf]
Preview
Text
051102249.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item