Analisis Pengukuran Kinerja Koperasi Dengan Perspektif Balanced Scorecard : Studi pada Koperasi Wanita Serba Usaha “Setia Budi Wanita Malang"

Nuraini, Nidia (2011) Analisis Pengukuran Kinerja Koperasi Dengan Perspektif Balanced Scorecard : Studi pada Koperasi Wanita Serba Usaha “Setia Budi Wanita Malang". Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis pengukuran kinerja dilakukan agar dapat membantu pihak koperasi untuk bahan pertimbangan dan bahan informasi bagi pihak manajemen koperasi dikemudian hari sehingga mampu meningkatkan pencapaian tujuan koperasi. Menilai kinerja perusahaan semata-mata dari aspek keuangan dapat menyesatkan, maka dicobalah pendekatan baru yang menyeimbangkan pengukuran aspek keuangan dan non keuangan yaitu Balanced Scorecard. Permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja Koperasi Wanita Serba Usaha “Setia Budi Wanita” Malang ditinjau dari empat perspektif Balanced Scorecard, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif belajar dan berkembang?. Penelitian ini menggunakan deskriptif dan dilaksanakan di Koperasi SU “ SETIA BUDI WANITA” Malang dengan menggunakan data-data dari koperasi mulai dari tahun 2008 sampai 2010, baik itu data keuangan maupun data non keuangan. Dari Analisis yang telah dilakukan secara umum dapat disimpulkan bahwa Kinerja Keuangan pada Kopersi Serba Usaha “Setia Budi Wanita” Malang belum berhasil mencapai tujuan yang diinginkan. Dari keempat perspektif, perspektif keuangan dan keanggotan (pelanggan) yang menunjukkan hasil negatif. Namun kedua perspektif yang lain, yakni perspektif proses bisnis internal, serta pembelajaran dan perkembangan menunjukkan hasil yang positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/806/051102251
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2011 13:30
Last Modified: 19 Oct 2021 12:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105869
[thumbnail of 051102251.pdf]
Preview
Text
051102251.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item