Perbandingan Laporan Keberlanjutan Antara Pt Telekomunikasi Indonesia Tbk Dan Pt Indosat Tbk (Analisis Berdasarkan Pedoman Global Reporting Initiative)

Shilda, GadissaTiara (2011) Perbandingan Laporan Keberlanjutan Antara Pt Telekomunikasi Indonesia Tbk Dan Pt Indosat Tbk (Analisis Berdasarkan Pedoman Global Reporting Initiative). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan sebuah konsep bahwa organisasi khususnya perusahaan memiliki tanggungjawab kepada stakeholder (pemangku kepentingan) serta lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan. CSR secara umum merupakan kontribusi menyeluruh dari sebuah perusahaan terhadap pembangunan berkelanjutan, dengan mempertimbangkan dampak ekonomi, sosial, dan lingkungan. Di dalam pembangunan yang berkelanjutan ini terdapat argumentasi bahwa perusahaan dalam menjalankan proses bisnisnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata karena faktor profit (laba) atau deviden melainkan harus berdasarkan konsekuensi ekonomi, sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang . Perusahaan-perusahaan telekomunikasi di seluruh dunia telah menggunakan pedoman Global Reporting Initiative (GRI) G3 2006 dalam menyusun laporan keberlanjutan ( sustainability report) sebagai wujud pertanggungjawaban dalam upaya peningkatan akuntabilitas perusahaan, terutama bagi kinerja sosialnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan laporan keberlanjutan yang dikeluarkan oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk dan PT Indosat Tbk berdasarkan kesesuaian dengan pedoman Global Reporting Initiative. Metoda penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis perbandingan terhadap laporan keberlanjutan antara dua perusahaan yang diperbandingkan menggunakan pedoman yang ada. Selanjutnya analisis dilakukan dari informasi dan data yang diperoleh kemudian dapat ditarik kesimpulan dari informasi dan data. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa PT Telekomunikasi Indonesia Tbk memiliki tingkat kepatuhan keseluruhan dan telah sesuai dengan pedoman GRI G3 2006 di dalam pertanggungjawaban sosialnya, lebih tinggi apabila dibandingkan dengan PT Indosat Tbk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/801/051305078
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Jun 2013 15:42
Last Modified: 19 Oct 2021 12:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105865
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_&_V.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_&_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of JUDUL.pdf]
Preview
Text
JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item