Asyhari, Husnul (2011) Penggunaan Pendekatan Metode Balanced Scorecard untuk Mengevaluasi Kinerja PT. Taspen (Persero) Cabang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Selama tiga dekade terakhir, belum pernah dikembangkan suatu standar pengukuran kinerja yang baku terhadap organisasi sektor publik. Pengukuran kinerja merupakan salah satu faktor yang amat penting bagi organisasi. Organisasi sektor publik merupakan organisasi yang berada pada domain publik yang meliputi badan-badan pemerintahan (pemerintah pusat dan daerah serta unit kerja pemerintah), perusahaan milik negara (BUMN dan BUMD), universitas, dan organisasi nirlaba lainnya. Organisasi sektor publik saat ini tengah menghadapi tekanan untuk lebih efisien, memperhitungkan biaya ekonomi dan biaya sosial, serta dampak negatif atas aktivitas yang dilakukan. Pengukuran kinerja organisasi sektor publik dilaksanakan untuk dapat membantu memperbaiki kinerja pemerintah, membantu pemerintah berfokus pada tujuan dan sasaran unit program kerja. Balanced scorecard merupakan suatu metode penilaian kinerja yang menyeimbangkan empat perspektif pengukuran, yaitu mencakup perspektif finansial, perspektif kepuasan pelanggan, perspektif efisiensi proses internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Selama ini, PT. Taspen (Persero) Cabang Malang dinilai telah berusaha melakukan peningkatan kinerja perusahaan, tetapi hanya dengan ukuran kinerja pencapaian ukuran pada sektor finansial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi kinerja PT. Taspen (Persero) Cabang Malang dengan menggunakan metode Balanced Scorecard. Metode dibatasi oleh empat perspektif yaitu Perspektif Pelanggan, Keuangan, Proses Bisnis Internal, dan Pertumbuhan dan Pembelajaran. Hasil analisis terhadap perspektif keuangan menunjukkan bahwa pencapaian realisasi pembayaran manfaat pensiun kepada peserta sudah hampir sepenuhnya tersalurkan dari nilai estimasi pembayaran yang sudah ditetapkan sebelumnya. Pengukuran terhadap kepuasan pelanggan menunjukkan bahwa secara umum pensiunan yang selama ini menjadi konsumen dari PT Taspen Persero Cabang Malang telah puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh institusi. Perspektif proses bisnis internal ditujukan untuk pencapaian manfaat yang optimal dari hasil interaksi antara stakeholders dan pemerintah daerah. Pengukuran employee and organization capacity menunjukkan bahwa secara umum karyawan PT Taspen Persero Cabang Malang telah sadar dan melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan employee and organization capacity.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2011/782/051203377 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 12 Oct 2012 08:36 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 11:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105844 |
Preview |
Other
051203377.PDF Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |