Dimensi Pelanggaran Etika dalam Praktik Akuntansi di Organisasi Bisnis (Studi Kasus pada Hotel ‘X’ di kota Malang)

Assydiq, GismaGeiantGinanjar (2011) Dimensi Pelanggaran Etika dalam Praktik Akuntansi di Organisasi Bisnis (Studi Kasus pada Hotel ‘X’ di kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bentuk pelanggaran etika oleh karyawan yang terjadi dalam praktik akuntansi pada sebuah organisasi bisnis beserta dengan konteks terjadinya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang menggambarkan fakta secara deskriptif dan disajikan secara naratif. Penelitian dilaksanakan pada Hotel ‘X’ di kota Malang yang merupakan salah satu jenis organisasi bisnis di bidang perhotelan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi beberapa pelanggaran etika dalam praktik akuntansi Hotel ‘X’ yang dilakukan karyawan yang sebagian besar berlandaskan motif uang dan kurangnya sense of belonging. Adapun penyebab lain seperti sistem akuntansi yang belum terkomputerisasi, struktur organisasi yang tidak konsisten, kesadaran pengendalian yang rendah, tidak adanya kode etik bagi karyawan, banyaknya karyawan yang hanya lulusan SMK, dua fungsi vital dalam satu ruangan, dan dilema etika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/770/051200561
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Apr 2012 09:40
Last Modified: 19 Oct 2021 11:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105839
[thumbnail of 051200561.pdf]
Preview
Text
051200561.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item