Analisis Pengaruh Masa Kerja, Upah, dan Pendidikan Dalam Meningkatkan Produktivitas Tenaga Kerja Sesuai Target Perusahaan (Studi Kasus Pada Tenaga Kerja Bagian Produksi PT. Ongkowidjojo Malang).

Hermana, AlbiziaDendry (2011) Analisis Pengaruh Masa Kerja, Upah, dan Pendidikan Dalam Meningkatkan Produktivitas Tenaga Kerja Sesuai Target Perusahaan (Studi Kasus Pada Tenaga Kerja Bagian Produksi PT. Ongkowidjojo Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengambil judul Analisis Pengaruh Masa Kerja, Upah, Pendidikan Dalam Meningkatkan Produktivitas Tenaga Kerja Sesuai Target Perusahaan(Studi Kasus Di PT.Ongkowidjojo Malang). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang lebih dominan berpengaruh terhadap produktivitas pekerja. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena mengambil seluruh jumlah populasi sebagai responden yaitu 54 orang pekerja industri Rokok PT.Ongkowodjojo Malang. Untuk analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan program Stata8 for Windows . Variabel indenpenden dalam penelitian ini adalah Masa Kerja (X1), Upah (X2), dan pendidikan (X3), sedangkan variabel dependennya adalah Produktivitas tenaga kerja (Y). Demi memperoleh hasil regresi yang baik, maka sebelum dilakukan uji regresi, terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik yaittu uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Dari pengukuran diketahui bahwa nilai Prob F> 0,000 atau lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05, jadi dari hasil analisis menjukkan bahwa secara simultan variabel bebas (X1, X2, X3) memiliki pengaruh signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja. Pengujian secara parsial memberikan kesimpulan bahwa variabel upah (X2) memiliki pengaruh signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja (Y). sedangkan variabel masa kerja (X1) dan pendidikan (X3) memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja. Variabel upah (X2) merupakan variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi pendapatan tenaga kerja dengan koefisien terbesar yaitu 1.054659.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/763/051201235
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Apr 2012 10:58
Last Modified: 19 Oct 2021 11:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105831
[thumbnail of 051201235.pdf]
Preview
Text
051201235.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item