Pengaruh budaya terhadap perilaku pembelian impulsif pada konsumen Carrefour Market di Kota Malang

Cahyati, MegaMirasputri (2011) Pengaruh budaya terhadap perilaku pembelian impulsif pada konsumen Carrefour Market di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan Bisnis Ritel di Indonesia saat ini semakin pesat dan ketat dengan datangnya peritel asing berskala global. Keadaan seperti ini membuat para peritel merancang strategi pemasaran yang lebih baik salah satunya adalah dengan cara menciptakan lingkungan toko yang nyaman dan menyenangkan bagi pengunjung. Hal ini dapat mempengaruhi perilaku konsumen yang dapat bertindak didasari sesuai dengan budaya yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Budaya Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif pada Konsumen Carrefour Market di Kota Malang berdasarkan variabel individualisme dan kolektivisme. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory dimana penelitian ini adalah penelitian penjelasan untuk menggambarkan hubungan antar variabel dalam budaya terhadap perilaku pembelian impulsif. Analisa yang digunakan adalah analisa kuantitatif dengan model statistik inferensial. Data yang dianalisa berasal dari 79 responden (konsumen Carrefour di Kota Malang). Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitias, dan uji asumsi klasik. Selanjtunya uji hipotesis dilakukan menggunakan uji F dan Uji t. Dari analisis data menggunakan regresi linear berganda, didapatkan koefisien beta yang dapat menunjukan variabel yang berpengaruh dominan. Berdasarkan hasil analisis data melalui regresi linier berganda diketahui bahwa variabel budaya yang terdiri dari individualisme (X 1 ), kolektivisme (X 2 ), berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (Y) yaitu pembelian impulsif dengan nilai F hitung 20,965. Dari kedua variabel independen, variabel individualisme (X 1 ) mempunyai pengaruh dominan terhadap perilaku pembelian impulsif. Mengacu pada hasil penelitian, menunjukan bahwa variabel Individualisme (X 1 ) dan Kolektivisme (X 2 ) memiliki pengaruh secara parsial terhadap perilaku pembelian impulsive (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/76/051100622
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 20 May 2011 09:05
Last Modified: 19 Oct 2021 11:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105827
[thumbnail of 051100622.pdf]
Preview
Text
051100622.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item