Analisis Pengaruh Variabel Ekonomi Dan Bantuan Dari Dinas Kelautan Dan Perikanan Terhadap Produktifitas Nelayan Di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong Kabupaten Lamongan,

Bahtiar, Rudi (2011) Analisis Pengaruh Variabel Ekonomi Dan Bantuan Dari Dinas Kelautan Dan Perikanan Terhadap Produktifitas Nelayan Di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong Kabupaten Lamongan,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong di Kecamatan Brondong merupakan tulang punggung kehidupan di wilayah kecamatan Brondong maupun wilayah-wilayah lain disekitarnya, namun hal ini tidak menjadikan wilayah disekitar pelabuhan mengalami perbaikan secara signifikan. Ketimpangan pendapatan terlihat karena hanya sebagian kecil orang saja yang benar-benar mendapat manfaat dari keberadaan pelabuhan ini yaitu pemilik kapal, pengusaha pengolahan ikan, dan pengusaha yang menjual ikan dari pelabuhan kemudian dikirim ke kota-kota besar. Sedangkan untuk para nelayan buruh yang merupakan sebagian besar dari penduduk di sekitar pelabuhan memiliki pendapatn yang tidak sebanding dari pemilik kapal. Juga terdapat perbedaan pendapatan untuk setiap kapal khususnya kapal yang mendapatkan bantuan dari DKP Lamongan dengan yang non menerima bantuan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhi produktifitas nelayan yang ada di sekitar pelabuhan, juga membandingkan perbedaan produktifitas antara nelayan/kapal yang mendapatkan bantuan dari DKP dengan nelayan/kapal yang non menerima bantuan. Dari hasil uji regresi linier berganda dari data penelitian menunjukkan bahwa setiap variabel yang terdapat dalam penelitian ini, yaitu jumlah tenaga kerja, biaya upah, biaya bekal melaut dan variabel bantuan DKP menunjukkan hasil yang signifikan dalam mempengaruhi produktifitas di sekitar wilayah Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong. Hal ini ditunjukkan dengan tidak adanya tingkat probabilitas yang melebihi dari 0.05 dari kesemua variabel yang ada dalam penelitian ini. Walaupun dalam uji multikolinearitas masih terdapat beberapa variabel yang terindikasi multikolinearitas, namun dalam uji asumsi klasik yang lain dan uji statistik, semua variabel tidak ada menunjukan masalah-masalah di dalamnya. Untuk perbedaan tingkat produktifitas nelayan yang menerima bantuan dari DKP dan yang non menerima bantuan, setelah dirata-ratakan memperoleh nilai sebesar 1,860239 untuk nelayan yang menerima bantuan dari DKP, dan 1,844937 untuk nelayan yang non menerima bantuan dari DKP. Dari nilai tersebut, bisa disimpulkan bahwa nelayan yang menerima bantuan dari DKP memiliki tingkat produktifitas yang lebih baik daripada nelayan yang non menerima bantuan. Artinya disini bantuan dari DKP kepada nelayan sudah efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/753/051200593
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Apr 2012 10:30
Last Modified: 19 Oct 2021 11:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105820
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_PENUTUP.pdf]
Preview
Text
BAB_V_PENUTUP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR__ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR__ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiran.pdf]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_TABEL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item