“Pengaruh Deviasi Anggaran terhadap Kepuasan Tamu pada UB Hotel (Studi terhadap Seberapa Besar Deviasi Anggaran dapat Mempengaruhi Kepuasan Tamu pada UB Hotel)

Bramantyo, IvanTri (2011) “Pengaruh Deviasi Anggaran terhadap Kepuasan Tamu pada UB Hotel (Studi terhadap Seberapa Besar Deviasi Anggaran dapat Mempengaruhi Kepuasan Tamu pada UB Hotel). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini, Universitas Brawijaya mengusung visi untuk menjadi entrepreneurial university . Untuk mewujudkan visi tersebut, Universitas Brawijaya telah merambah bisnis bisnis perhotelan. Hotel tersebut diberi nama UB Hotel. UB Hotel tiap tahun membuat anggaran sebagai panduan, arahan, dan pedoman bagi manajemen agar dapat mencapai tujuan, yaitu memperoleh laba. Untuk memperoleh laba, UB Hotel tentu harus memperoleh kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh deviasi anggaran terhadap kepuasan pelanggan dalam dimensi tangibility , reliability , emphaty , responsiveness , dan assuranse pada UB Hotel. Untuk mengukur pengaruh deviasi anggaran terhadap dimensi-dimensi kepuasan tamu tersebut, peneliti menggunakan metode regresi linier sederhana. Pertama-tama, peneliti menghitung rata-rata dari selisih anggaran dan realisasi untuk akun-akun yang terkait dengan dimensi tertentu. Kemudian, peneliti menyebarkan kuesioner kepada tamu UB Hotel dan mengukur tingkat kepuasan tamu. Langkah terakhir adalah mencari pengaruh dari 2 variabel tersebut dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Dari pengujian yang dilakukan, terjadi penolakan terhadap semua hipotesis awal. Artinya, deviasi anggaran tidak berpengaruh pada kepuasan tamu pada UB Hotel. Beberapa penyebab hal tersebut dapat terjadi antara lain karena pengambilan sampel penelitian yang kurang dan penyerapan anggaran yang kurang efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/729/051200569
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Apr 2012 09:55
Last Modified: 19 Oct 2021 10:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105796
[thumbnail of 051200569.pdf]
Preview
Text
051200569.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item