Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi atas Siklus Pendapatan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)” (Studi Kasus pada Perusahaan Daerah Perkebunan Margomulyo Kediri)

Setyawati, DyahMaria (2011) Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi atas Siklus Pendapatan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)” (Studi Kasus pada Perusahaan Daerah Perkebunan Margomulyo Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem Informasi Akuntansi merupakan suatu alat yang menyediakan informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan strategis dan untuk mengelola perusahaan. Sistem Informasi Akuntansi atas siklus pendapatan merupakan salah satu siklus yang diterapkan oleh perusahaan. Sistem dan prosedur atas siklus pendapatan yang baik dan tepat akan menyebabkan sistem dan prosedur di perusahaan dapat berjalan dan menghasilkan output sesuai dengan yang diharapkan. Prosedur siklus pendapatan yang baik dapat melindungi aktiva perusahaan dari pemborosan, kecurangan dan kerugian lainnya. Badan Usaha Milik Daerah seperti Perusahaan Daerah Perkebunan Margomulyo Kediri telah menerapkan sistem informasi akuntansi atas siklus pendapatan, namun sesungguhnya sistem tersebut masih memerlukan berbagai perbaikan. Berdasarkan hal inilah penulis mencoba melakukan penelitian tentang "Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi atas Siklus Pendapatan Badan Usaha Milik Daerah". Metode yang digunakan dalam penilitian ini adalah kualitatif deskriptif dan menggunakan single case study pada Perusahaan Daerah Perkebunan Margomulyo. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, dokumentasi, observasi, dan studi pustaka. Metode penganalisaan data yang digunakan penulis adalah mereduksi data, penyajian data dan gambaran kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis, Perusahaan Daerah Perkebunan Margomulyo memiliki kelemahan pada Sistem Informasi atas Siklus Pendapatannya. Ditinjau dari struktur organisasinya, Perusahaan Daerah Perkebunan Margomulyo juga masih memiliki kekurangan seperti perangkapan fungsi-fungsi selain itu terdapat beberapa prosedur dan bagian dalam struktur organisasi yang harus diubah atau dihilangkan. Oleh karena itu, perlu diadakan perbaikan pada kelemahan-kelemahan tersebut dengan membuat sistem dan prosedur yang baru bagi perusahaan, sehingga kemungkinan dampak-dampak negatif yang akan muncul dapat diminimalisasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/722/051200562
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Apr 2012 09:22
Last Modified: 19 Oct 2021 10:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105789
[thumbnail of 051200562.pdf]
Preview
Text
051200562.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item