Analisis Kinerja Bank Syariah Dengan Pendekatan Maqasid Syariah (Studi Komparatif Pada Bank Muamalat Indonesia dan Bank Syariah Mandiri)”

Permanasari, Ayu (2011) Analisis Kinerja Bank Syariah Dengan Pendekatan Maqasid Syariah (Studi Komparatif Pada Bank Muamalat Indonesia dan Bank Syariah Mandiri)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kinerja bank syariah dengan pendekatan maqasid syariah. Dalam penelitian ini teori maqasid syariah yang digunakan adalah teori yang dikeluarkan oleh Abu Zaharah. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan kinerja Bank Muamalat Indonesia dengan Bank Syariah Mandiri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tipe data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan pihak-pihak terkait dan data sekunder berupa annual report Bank Muamalat dan Bank Syariah Mandiri. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan teknik wawancara. Hasil penelitian dapat dilihat dari tiga aspek kinerja menurut maqasid syariah. Aspek kinerja itu terdiri dari aspek educating individual, establishing justice, dan public interest. Dari aspek educating individual Bank Syariah Mandiri memiliki kinerja yang lebih baik dari Bank Muamalat. Dari aspek establishing justice Bank Muamalat memiliki kinerja yang lebih baik dari Bank Syariah Mandiri. Dari aspek public interest Bank Muamalat memiliki kinerja yang lebih baik dari Bank Syariah Mandiri. Maka dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan Bank Muamalat memiliki kinerja yang lebih baik dari Bank Syariah Mandiri berdasarkan pendekatan maqasid syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/717/ 051105333
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Dec 2011 13:57
Last Modified: 28 Dec 2011 13:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105783
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item