Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Sistem Informasi (Studi Kasus pada PT Bank Tabungan Pensiunan Negara Mitra Usaha Rakyat, Tbk Cabang Bondowoso, Jawa Timur)

Utami, NgestiRahayu (2011) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Sistem Informasi (Studi Kasus pada PT Bank Tabungan Pensiunan Negara Mitra Usaha Rakyat, Tbk Cabang Bondowoso, Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat pemanfaatan sistem informasi dengan menguji model yang diajukan oleh Vankatesh et al (2003). Pada penelitian ini juga menggunakan tiga variabel independen,yaitu: ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha dan faktor sosial,serta satu variabel dependen, yaitu: minat pemanfaatan sistem informasi. Data diperoleh dari karyawan pemakai sistem informasi pada PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Mitra Usaha Rakyat, Tbk. Cabang Bondowoso. Sebanyak 39 kuesioner kembali dari 45 kuesioner yang dikirim dan 36 kuesioner yang dapat diolah, yang diperoleh melalui metode judgment random sampling . Hasil pengujian dengan menggunakan uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa, secara simultan,ekspektasi kinerja,ekspektasi usaha dan faktor sosial berpengaruh signifikan terhadap minat pemanfaatan sistem informasi. Secara parsial dapat diketahui ekspektasi kinerja (X 1 ) sebesar 39,5%, variabel ekspektasi usaha (X 2 ) sebesar 42.4% dan variabel faktor sosial (X 3 ) sebesar 44,2%. Untuk variabel yang paling dominan adalah variabel faktor sosial (X 3 Implikasi dari penelitian ini relevan bagi perusahaan yang mengadopsi dan mengembangkan sistem informasi bagi kegiatan operasionalnya untuk mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi minat pemanfaatan sistem informasi berbasis komputer. Dipilih sektor perbankan karena sektor ini merupakan jenis usaha yang telah mengimplementasikan penggunaan dan pengembangan Teknologi Informasi dalam kegiatan operasionalnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/708/ 051105300
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Dec 2011 09:56
Last Modified: 29 Dec 2011 09:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105774
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item