Peranan Public Sector Expenditure terhadap Pembangunan Ekonomi Daerah” (Studi Kasus pada 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur).

Vidianingsih, FitriaUlfa (2011) Peranan Public Sector Expenditure terhadap Pembangunan Ekonomi Daerah” (Studi Kasus pada 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan dari pengeluaran sektor publik ( public sector expenditure ) terhadap pembangunan ekonomi daerah yang lebih ditekankan pada pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur selama periode 2006-2008. Dengan menggunakan metode path analysis, hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa public sector expenditure mempunyai pengaruh langsung yang positif dan signifikan terhadap pembangunan ekonomi daerah di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Namun, tidak semua public sector expenditure mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap pembangunan akonomi daerah di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Pengaruh tidak langsung terjadi antara public sector expenditure terhadap pembangunan ekonomi daerah melalui indikator pembangunan daerah bidang pendidikan (yang dicirikan dari Angka Buta Huruf, Angka Partisipasi sekolah, dan rata-rata lama sekolah), kesehatan (yang dicirikan dari infant mortality rate, maternal mortality rate, dan life expectancy ), dan infrastruktur publik (dicirikan dari Panjang Jalan yang Baik). Akan tetapi, dari ketiga public sector expenditure yang diteliti tersebut, public sector expenditure yang memiliki pengaruh tidak langsung hanya dari pengeluaran sektor pendidikan dan pengeluaran sektor kesehatan, karena pengeluaran sektor infrastruktur mempunyai pengaruh yang tidak signifikan secara tidak langsung untuk wacana lokal atau daerah. Dengan kata lain, hal ini menunjukkan bahwa peningkatan dalam public sector expenditure akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi melalui indikator pembangunan ekonomi daerah dalam bidang pendidikan dan kesehatan, tapi tidak melalui indikator pembangunan ekonomi daerah di bidang infrastruktur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/696/ 051105243
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Jan 2012 10:30
Last Modified: 21 Oct 2021 03:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105761
[thumbnail of Fitria Ulfa Vidianingsih.pdf]
Preview
Text
Fitria Ulfa Vidianingsih.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item