Pemberdayaan Masyarakat dalam Perencanaan Penggunaan Dana Hibah tahun 2010 untuk Pembangunan Wilayah Kelurahan Di Kota Malang (Studi di Kelurahan Kedungkandang Kecamatan Kedungkandang Kota Malang)

Permana, ArifCitra (2011) Pemberdayaan Masyarakat dalam Perencanaan Penggunaan Dana Hibah tahun 2010 untuk Pembangunan Wilayah Kelurahan Di Kota Malang (Studi di Kelurahan Kedungkandang Kecamatan Kedungkandang Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penerapan Undang – undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem Perencanaan Pembangunan Nasional memberikan implikasi terhadap pelaksanaan perencanaan pembangunan partisipatif di setiap daerah termasuk di kota Malang. Salah satu program partisipatif yang dilakukan Pemkot Malang adalah dana hibah. Awalnya dana hibah ini merupkan dana stimulan pembangunan kelurahan (block grant) yang diberikan sebesar 100 juta pada tiap kelurahan. Terpilihnya Walikota Drs. Peni Suparto, M.AP untuk yang kedua kalinya pada tahun 2009, membuat beliau harus merealisasikan janji politiknya dengan memberikan dana hibah sebesar 500 juta kepada setiap kelurahan di kota Malang. Program ini berusaha menyempurnakan program block grant pada tahun sebelumnya. Namun pemberdayaan masyarakat dalam penggunaan dana hibah mengalami kendala ketika diimplementasikan di kelurahan Kedungkandang yang sebagian besar penduduknya memiliki tingkat pendidikan rendah, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti tentang; (1) Bagaimana pemberdayaan masyarakat Kelurahan Kedungkandang dalam perencanaan penggunaan dana hibah tahun 2010 untuk pembangunan wilayah kelurahan di Kota Malang? (2) Permasalahan apa yang dihadapi masyarakat Kelurahan Kedungkandang dalam perencanaan penggunaan dana hibah tahun 2010? Penelitian ini menggunakan teori pembangunan, perencanaan pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus penelitian berupa pemberdayaan masyarakat dan permasalahan yang timbul dalam perencanaan penggunaan dana hibah tahun 2010. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa pemberdayaan masyarakat dalam perencanaan penggunaan dana hibah di kelurahan Kedungkandang adalah adanya keterlibatan masyarakat dalam kepengurusan Tim Teknis dan Tim Pelaksana, keterlibatan masyarakat dalam musyawarah penentuan program/kegiatan yang akan dilaksanakan dari tingkat RT sampai dengan kelurahan, serta partisipasi dalam penyusunan Rencana Definitif Kegiatan (RDK). Sedangkan permasalahan dalam perencanaan penggunaan dana hibah ini adalah permasalahan internal: revisi Perwal nomor 13 tahun 2009 menjadi Perwal nomor 10 tahun 2010 menimbulkan masalah baru di masyarakat dan adanya tim yang tidak melaksanakan tugasnya dengan baik. Sedangkan permasalahan eksternal berhubungan dengan standarisasi yang diterapkan oleh Dinas Pekerjaan Umum, tingkat partisipasi masyarakat yang rendah, dan adanya pihak/oknum yang menghambat terlaksananya dana hibah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/693/ 051105240
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Jan 2012 15:21
Last Modified: 12 Jan 2012 15:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105758
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item