Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, Kontrol Perilaku Persepsian, Persepsi Resiko, dan Pengalaman Terhadap Niat untuk Bertransaksi secara Online.

Maharany, MithasariPutri (2011) Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, Kontrol Perilaku Persepsian, Persepsi Resiko, dan Pengalaman Terhadap Niat untuk Bertransaksi secara Online. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi niat untuk bertransaksi secara online dengan menggunakan model The Theory Planned Behavior (TPB) yang diajukan oleh Arjen (1991). Penelitian ini dilakukan di Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya Malang. Penelitian ini memperoleh respon sebanyak 246 responden mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya dengan angkatan tahun masuk kuliah adalah 2007 dan 2008. Peneliti menggunakan teknik regresi linier berganda dengan software SPSS statistic 18 untuk menguji data penelitian. Hasil analisis untuk model ini menunjukan bahwa secara simultan variabel sikap, norma subyektif, kontrol perilaku persepsian, persepsi resiko, dan pengalaman berpengaruh signifikan terhadap niat untuk betransaksi secara online . Sedangkan secara parsial menunjukan bahwa variabel sikap dan kontrol perilaku persepsian berpengaruh secara signifikan terhadap niat untuk bertransaksi secara online ; dan norma subyektif, persepsi resiko dan pengalaman tidak berpengaruh secara signifikan terhadap niat untuk bertransaksi secara online . Hal ini berarti bahwa niat untuk bertransaksi secara online dipengaruhi oleh variabel sikap dan kontrol perilaku persepsian. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi sektor bisnis online untuk memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi niat untuk bertransaksi secara online. Selain itu, berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa aspek psikologi juga berperan dalam pengaplikasian dan pengembangan sistem teknologi informasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/692/ 051105239
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Jan 2012 15:16
Last Modified: 12 Jan 2012 15:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105757
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item