Kemitraan Usaha dan Pemberdayaan UKM (Studi Kasus: Kemitraan PT. Telkom dengan UKM Kerajinan Manikmanik di Desa Plumbon Gambang Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang).

Puspitaningati, DyahYuni (2011) Kemitraan Usaha dan Pemberdayaan UKM (Studi Kasus: Kemitraan PT. Telkom dengan UKM Kerajinan Manikmanik di Desa Plumbon Gambang Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman terkait pelaksanaan kemitraan usaha yang dilakukan PT. Telkom dan perajin manik-manik di Desa Plumbon Gambang Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang. Melalui pemaparan ini diharapkan dapat meningkatkan kerjasama usaha yang lebih teratur dan terarah antara perajin setempat dengan PT.Telkom guna mewujudkan usaha kecil yang lebih mandiri dan berdaya saing. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif sebagai metode penelitian serta wawancara mendalam ( depth interview ) dengan informan kunci dan beberapa informan pendukung, diperoleh hasil bahwa pelaksanaan kemitraan dapat mendukung pemberdayaan kerajinan manik-manik. Melalui kemitraan usaha, perajin memperoleh beberapa keuntungan diantaranya permasalahan berkaitan dengan permodalan dapat teratasi melalui adanya pinjaman lunak, permasalahan berkaitan dengan pemasaran dapat teratasi melalui pelatihan dan penyediaan web-store , kegiatan pameran maupun penyediaan ruang pamer. Melalui pelatihan yang diselenggarakan mampu meningkatkan keterampilan mitra binaan berkaitan dengan manajerial dan teknik poduksi atau pengolahan, Pengendalian mutu produksi, Pemenuhan standarisasi teknologi baik dalam hal alat produksi maupun sistem pemasaran. Selain itu, melalui kemitraan usaha mampu merangsang masyarakat setempat untuk berpartisipasi aktif dalam membangun daerahnya yang pada akhirnya akan menciptakan pengembangan ekonomi lokal. Namun disisi lain masih ada beberapa faktor yang menjadi penghambat dari keberhasilan kemitraan. Selain komitmen dari kedua belah pihak juga dibutuhkan peran dari lembaga intermediasi yang dapat mengakomodir kebutuhan dari kedua belah pihak baik PT. Telkom maupun perajin manik-manik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/689/ 051105218
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Jan 2012 15:20
Last Modified: 09 Jan 2012 15:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105753
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item