Pengaruh Sosialisasi Perpajakan terhadap Pemahaman Perpajakan di Indonesia (Studi Empiris pada Mahasiswa di Kota Malang)

Alyzzuddin, AndyYazid (2011) Pengaruh Sosialisasi Perpajakan terhadap Pemahaman Perpajakan di Indonesia (Studi Empiris pada Mahasiswa di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh sosialisasi pajak terhadap pemahaman perpajakan di Indonesia. Dalam penelitian ini, sosialisasi pajak terdiri dari tiga dimensi sebagaimana yang dikemukakan dalam penelitian terdahulu oleh Mira Triana Dewi (2009), yaitu kebutuhan sosialisasi, metode sosialisasi, dan media sosialisasi. Sementara itu pemahaman pajak diambil secara umum. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan direct questionnaires sebagai alat pengumpulan data. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa yang di Kota Malang yang sudah mengikuti kuliah perpajakan. Metode pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Analisis regresi linier sederhana digunakan untuk menguji pengaruh sosialisasi pajak terhadap pemahaman perpajakan di Indonesia. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa sosialisasi pajak berpengaruh terhadap pemahaman perpajakan dengan tingkat signifikansi diatas 5%. Implikasi dari penelitian ini adalah semakin intensifnya penerapan sosialisasi pajak dengan metode dan media yang benar maka semakin baik pula pemahaman perpajakan yang diterima oleh mahasiswa di Kota Malang. Dengan terciptanya pemahaman yang baik diharapkan dapat merubah perilaku dan meningkatkan kualitas wajib pajak di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/685/ 051105206
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Jan 2012 08:32
Last Modified: 05 Jan 2012 08:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105749
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item