Analisis Biaya Transaksi Pada Pelayanan Izin Usaha. (Studi Kasus Pada Pengguna Layanan Izin HO dan Penyelenggara layanan Badan pelayanan Perizinan Terpadu Kota Malang).

Alfan, Rusdiyansyah (2011) Analisis Biaya Transaksi Pada Pelayanan Izin Usaha. (Studi Kasus Pada Pengguna Layanan Izin HO dan Penyelenggara layanan Badan pelayanan Perizinan Terpadu Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Melihat fenomena pelaksanaan pelayanan perizinan, ternyata masih belum memperlihatkan pola manajemen pelayanan publik yang berjalan dengan baik, tertata, dan sesuai aturan. Adanya model penyelenggaraan pelayanan izin usaha dan mekanisme prosedur pada BP2T Kota Malang yang dijalankan oleh pengguna dan penyelenggara layanan menyebabkan pengguna layanan mengeluarkan biaya-biaya diluar biaya produksi. Berdasarkan hal tersebut, penting bagi penulis untuk meneliti fenomena ini dari konteks ekonomi kelembagaan dengan mengidentifikasikan biaya transaksi yang muncul pada pelayanan izin usaha BP2T Kota Malang dengan menggunakan transaksi sebagai unit analisis. Disamping secara teknis juga belum banyak penelitian yang secara khusus menggunakan unit analisis ini dalam telaah kritis tentang pelayanan perizinan. Suatu proses pelayanan perizinan bisa dikatakan berjalan dari awal hingga akhir ketika seluruh pembiayaan tersebut telah dilalui, baik produksi maupun transaksinya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengidentifikasi biaya produksi dan determinan yang mempengaruhi besaran biaya transaksi pelayanan izin usaha, 2) Untuk mengidentifikasi biaya-biaya transaksi yang muncul pada proses pelaksanaan pelayanan izin usaha di Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian deskriptif kualitatif dimaksudkan untuk mengukur secara cermat terhadap fenomena pengurusan izin yang muncul pada mekanisme pelayanan izin usaha BP2T Kota Malang. Penelitian ini dilakukan di Kantor Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) Kota Malang. Dan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah biaya transaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat yang telah mengurus izin usaha pada BP2T Kota Malang juga mengeluarkan biaya-biaya transaksi s elain biaya produksi Biaya transaksi telah diidentifikasi berdasarkan determinan yang mempengaruhi besaran biaya transaksi yang telah tergambar dari pernyataan-pernyataan informan dan pengamatan lapang oleh peneliti. Determinan tersebut seperti rasionalitas terbatas, oportunisme, dan keefektifan prosedur. Dari sebuah pengukuran nilai proksi, keseluruhan determinan tersebut telah memperkirakan adanya besaran biaya transaksi, lalu diidentifikasi menjadi Biaya Pencarian Informasi, Biaya Pengorbanan Waktu , dan Biaya Negosiasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/678/ 051105124
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Dec 2011 10:30
Last Modified: 28 Dec 2011 10:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105742
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item